Bangggar dan TAPD Bolmut Bahas Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2021

oleh -149 Dilihat

ASUMSI.ID, Bolmut – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021, di ruang rapat DPRD setempat, Rabu (19/7/2022).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bolmut Saiful Ambarak, dan dihadiri Sekda Bolmut dr. Jusnan C Mokoginta, MARS selaku Ketua TAPD bersama jajaran dan anggota Banggar.

Menurut Saiful Ambarak, selaku pimpinan rapat menyampaikan agenda ini merupakan agenda tahunan yang menjadi tanggung jawab DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bolmut.

“Pada dasarnya, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD itu harus dibahas oleh Banggar dan TAPD,” katanya.

Namun, dirinya mengungkapkan bahwa ada beberapa hal-hal yang perlu dijelaskan oleh pemerintah daerah diantaranya realisasi target pendapatan asli daerah hasil setoran pajak dan retribusi.

“Adanya pihak ketiga yang belum menyetor ke daerah, dan juga termasuk setoran hutang pemerintah daerah ke pihak ketiga,” katanya.

Kemudian, menurut Moh. Abdul Rafiq Pangau juga sebagai anggota Banggar menuturkan dari target PAD dari ketiga sumber pendapatan itu seharusnya bisa lebih dari yang ditargetkan.

“Dari retribusi jasa umum, jasa usaha dan perijinan tertentu. Dari 3 poin sumber PAD sebenarnya target tidak hanya 3,9 miliar, tapi kita bisa sampai 6 miliar pertahun,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bolmut Sirajudin Lasena, mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan penerimaan retribusi daerah di tahun 2021,

“Realisasi yang dicapai 1.9 miliar dari target 3.9 miliar. Memang, target belum tercapai pada tahun 2021, namun ada kenaikan dibandingkan tahun 2020 hanya 1,1 miliar,” ungkapnya.

Sementara, Sekda Bolmut Jusnan C Mokoginta mengatakan bahwa APBD tahun 2021 merupakan kesempatan kita bersama.

“Kita sepakat apa yang dicapai oleh pemerintah Bolmut lewat WTP, ini upaya kerja keras kita semua dan segenap bapak ibu anggota DPRD yang telah sama-sama melakukan pengawasan sehingga BPK memberikan WTP yang ke 6 kali berturut-turut untuk Kabupaten Bolmut,” pungkasnya.

Pantauan media, rapat dimulai sekitar pukul 16.30 wita hingga pukul 20.50 wita rapat tersebut masih berlangsung. (Dr)