ASUMSI.ID | Manado – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) Sekretariat Daerah menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Peningkatan Kualitas Implementasi (SAKIP).

Kegiatan tersebut dilaksanakan, di Aston Hotel Manado pada Sabtu (20/8/2022), yang akan berlangsung selama 3 (tiga) dengan peserta terdiri dari perwakilan masing-masing OPD Bidang Proglap.

Supriadi Goma

Supriadi Goma S.Pd.I Kepala Bagian Ortal Kabupaten Bolmut dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini di laksanakan untuk lebih meningkatkan kualitas Implementasi, kinerja di Lingkup Pemkab Bolmut.

Pihaknya telah membuat sebuah capaian baru yaitu telah membuat aplikasi sistem akuntabilitas namanya SAKIP yang dapat di akses langsung secara online oleh Kepala Daerah untuk dapat memantau kinerja masing-masing OPD per triwulan.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh

Dalam pembukaan kegiatan itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan bahwa apa yang di laksanakan pada hari ini adalah wujud keseriusan dan konsistensi terhadap upaya pemantapan kinerja Pemerintah Daerah. Serta dapat memberikan manfaat nyata dalam optimalisasi tugas dan tanggung jawab telah dipercayakan masing-masing pada kita.

“Kita harus mengubah paradigma tidak lagi berfikir hanya menghabiskan anggaran dan melaporkan realisasi penggunaan anggaran setiap akhir periode. Namun yang lebih penting tambah pontoh adalah kinerja apa yang di hasilkan dan apa yang di pertanggung jawabkan pada akhir periode,” ujarnya.

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat memasangkan tanda pengenal peserta Bimtek SAKIP.

Menurut Depri, Salah satu permasalahan yang selama ini timbul dalam implementasi sistem AKIP ketidakselarasan perencanaan antara perangkat daerah dengan perencanaan yang dibuat oleh Pemerintah Daerah.

“Saya kembali memberikan target kepada tim penyusun LKIP dan Indeks Reformasi Birokrasi, untuk hasil evaluasi SAKIP tahun mendatang harus meningkat dengan memperoleh predikat BB,” pungkasnya.

Bupati Bolmut berharap kepada para peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya. (Dolvin)