JAKSEL, Asumsi.id – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh hadiri Kegiatan Penganugerahan Realisasi APBD Tahun 2021 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah Tahun 2022 “Percepatan Realisasi APBD dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri”, bertempat di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, (2/6).

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut mendapatkan Penghargaan dari Mendagri dengan Peringkat Keempat (4) Pemerintah Daerah dengan “Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Dari Tahun 2020 Ke Tahun 2021” Kategori Kabupaten, dari Seluruh Kabupaten Indonesia, dan Penghargaan ini secara langsung diterima oleh Bupati Bolmut.

Sebelumnya, Mendagri. Jendral Polisi (Purn) Tito Karnavian mengatakan torehan daerah atas realisasi APBD kurun waktu dua tahun lalu.

“Kabupaten Bolmut perlu mendapatkan apresiasi karena dalam situasi pandemi COVID-19, pemulihan ekonomi menjadi suatu hal yang menantang. Oleh sebab itu capaian tersebut merupakan hasil yang luar biasa,” katanya.

Adapun Tujuan Rakornas Keuangan Daerah yaitu:

1. Penguatan kolaborasi dan sinergitas pengelola keuangan daerah dari provinsi dan kabupaten/kota dalam percepatan realisasi apbd dan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri 2. Identifikasi hambatan, tantangan, dan evaluasi kebijakan pengelolaan keuangan daerah.
3. Penyebarluasan informasi atas kebijakan pengelolaan keuangan daerah.

(Dr)