Bupati Buka Sosialisasi Permendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022 bagi Bendahara SD dan SMP

oleh -100 Dilihat

MANADO, Asumsi.id – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh membuka secara resmi Pembukaan Sosialisasi Permendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022 dan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 Bagi Bendahara SD dan SMP Se-Kabupaten Bolmut, Bertempat di Hotel Aston Manado, Selasa (7)6/2022).

Bupati Bolmut menyampaikan bahwa selaku pemerintah daerah, dirinya menyambut baik atas terlaksananya sosialisasi tersebut. Ia juga berharap seluruh peserta memperoleh wawasan, pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan dana bantuan operasional sekolah yang baik dan benar.

Peraturan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi nomor 2 tahun 2022 tentang petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional penyelenggaraan paud, bantuan operasional sekolah dan bantuan operasional penyelenggaran pendidikan kesetaraan dan Peraturan menteri dalam negeri nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan Barang milik daerah.

Bupati Bolmut menyampaikan bahwa bantuan operasional sekolah adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar.

Pemerintah pusat memberikan dana kepada sekolah sekolah setingkat SD/MI dan SMP/MTS untuk membantu mengurangi beban biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh orang tua siswa. BOS diberikan kepada sekolah untuk dikelola sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat. Besarnya dana untuk tiap sekolah ditetapkan berdasarkan jumlah murid.

Sebagai alat kebijakan informasi publik, bantuan operasional sekolah (BOS) Harus memenuhi fakta dan data yang valid, maka harus dapat dipertanggungjawabkan sehingga kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat dapat diterima dan dipahami dengan jelas.

Lebih lanjut Bupati mengatakan dalam pengelolaan dana BOS ini harus transparansi artinya terbuka secara umum yang melibatkan semua struktur sekolah mulia dari guru guru, komite sekolah, kalau perlu dapat juga melibatkan para orang tua siswa dalam pengelolaan dan Bos tersebut.

Peraturan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi nomor 2 tahun 2022, karena pengelolaan dana bos yang ada di sekolah akan selalu dipantau dan dimonitoring.

Diakhir sambutannya Depri Pontoh berpesan kepada para peserta sosialisasi agar dapat meningkatkan pemahaman dan pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang sesuai aturan, sehingga diharapkan dapat menghindari terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana bos itu sendiri.

Turut Hadir, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bolmut Sulha Mokodompis S.Pd, MM, Pemateri  Dari BPKP Perwakilan Provinsi Sulut, dan Para Bendahara SD dan SMP Sekabupaten Bolmut. (Dr)