BeritaRegional

Capaian Penghargaan KLA dan APE Kabupaten Gorontalo Jadi Bahan Rujukan Dinas PPKBPPPA Bolmut

350
×

Capaian Penghargaan KLA dan APE Kabupaten Gorontalo Jadi Bahan Rujukan Dinas PPKBPPPA Bolmut

Sebarkan artikel ini

Asumsi.id – Capaian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Mentor dan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, yang sudah diraih Pemerintah Kabupaten Gorontalo menjadi rujukan bahan sharing Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Bolmut, Yani Lasama mengatakan, dirinya bersama anggota KIAD datang di Kabupaten Gorontalo dalam hal ini di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Gorontalo sehubungan dengan sharing program tentang Program KLA dan APE.

“Jadi, kami ingin sharing untuk mendapatkan kiat–kiat apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gorontalo bisa meraih penghargaan KLA kategori madya  dan APE kategori Mentor,” Kata Yani Lasama, saat dikonfirmasi wartawan usai melakukan kunjungan di Dinas PPPA Kabupaten Gorontalo, Kamis (21/6/2023).

Ia mengakui, sejak tahun kemarin, antara Dinas PPKBPPPA Bolmut dan Kabupaten Gorontalo sudah sering berbagai Informasi berbagai program.

“Alhamdulillah, hasil belajar dan sharing itu, dua tahun kemarin kami sudah bisa mendapatkan penghargaan APE kategori Pratama, kemudian terkait program KLA, kami pun pernah belajar disini dan itu membuahkan hasil sehingga Bolmut bisa mendapatkan penghargaan KLA Kategori madya.” terangnya.

lanjut Yani Lasama, Sebelumnya juga Dinas PPPA Kabupaten Gorontalo sudah pernah berkunjung Dinas PPKBPPPA Bolmut, ada banyak Informasi serta sharing program, berbagi program terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Hari ini, kami datang kembali berkunjung untuk melihat sejauh mana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak termasuk juga pembentukan Gabungan Organisasi Wanita (GOW), yang dilaksanakan Di Kabupaten Gorontalo. karena, di Bolmut sudah ada melalui proses, hanya bagaimana tata pelaksanakannya seperti apa GOW Kabupaten Gorontalo, itu yang kami sinergikan, berbagi pengalaman,bagaimana keterlibatan perempuan di parlemen dan masyarakat, untuk diimplementasikan di Bolmut,” ungkapnya.

Kunjungan Dinas PPKBPPPA Bolmut ini pun beroleh sambutan hangat dari Plt. Kepala Dinas PPPA Kabupaten Gorontalo melalui Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Iyam Dini menyambut baik.

Ia, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepercayaan dan sinergitas selama ini, sehingga memilih Kabupaten Gorontalo sebagai daerah rujukan atau sharing program.

“Benar, mereka datang sharing program, kiat–kiat apa yang kita dilakukan terkait perolehan penghargaan KLA kategori madya dan APE kategori Mentor Pemerintah Kabupaten Gorontalo. banyak hal program yang kita bahas bersama, mereka sangat support sehingga program–program itu bisa diterapkan di Bolmut,” jelas Iyam Dini.

Iyam menambahkan, kita saling support karena antara bolmut dan Kabgor fokus berbagi pengalaman dalam menjalankan program KLA dan APE, termasuk program PUSPAGA. Karena, Kabupaten Bolmut itu baru tahun kemarin diresmikan dan Kabupaten Gorontalo sejak tahun 2017.

“Kami menyampaikan berbagai banyak program PUSPAGA yang dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo dan itu diketuai langsung Ketua TP-PKK, Prof. Fory Armin Naway. kegiatan PUSPAGA banyak sosialisasi baik pasif maupun aktif yang melibatkan psikolog, Dinas Dikbud, Dinas Kesehatan serta dinas–dinas terkait lainnya,” jelasnya. (Dolvin Rivai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)