Dihadapan Tim Penilai, Sekda Bolmut Presentasikan Inovasi Mairu Molihuto Stunting

oleh -121 Dilihat
Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut dr. Jusnan Calamento Mokoginta, MARS

MANADO, Asumsi.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dr. Jusnan Calamento Mokoginta, MARS, mempresentasikan Inovasi Daerah yang diberi nama “Mairu Molihuto Stunting artinya “Mari kita bersama melawan Stunting” dalam Kegiatan Penilaian Kinerja tahun 2022 terhadap Empat Kabupaten Lokus Konvergensi Stunting Tahun 2021, yang dilaksanakan selama dua hari sejak hari Kamis sampai Jumat (2-3), Bertempat di Hotel Aryaduta Manado, (3/6).

Kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta Staf Khusus Bupati Bolmut.

Dalam paparannya, Sekda Bolmut mengungkapkan bahwa berbagai macam cara Pemerintah Daerah dalam upaya menurunkan angka Stunting di Kabupaten Bolmut.

“Inovasi ini merupakan aksi pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi Kabupaten Bolmut dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2021”, kata Sekda.

Usai memaparkan materi, Jusnan Mokoginta menerima pertanyaan bahkan apresiasi dari tim penilai yang dipimpin langsung oleh kepala Bappeda Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Jenny Karouw M.Si.

Kemudian, dalam kesempatan itu pula Wabup Bolmut dan Ketua TP PKK Bolmut serta Kepala OPD turut memberikan penjelasan disetiap pertanyaan dari tim penilai. Hingga akhir diskusi, Pemerintah Kabupaten Bolmut mendapat apresiasi dari tim penilai.

Sebelumnya, Sekda Bolmut juga telah memberikan penguatan kepada seluruh kepala OPD terkait tentang materi yang disajikan dalam paparannya tersebut.

Diketahui, Penilaian kinerja ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah berlangsung sejak kemarin dan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven OE. Kandow.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pameran Lokus Stunting yang diikuti oleh 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan juga Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang menjadi lokus konvergensi stunting tahun 2021. (Dr)