ASUMSI.ID | Bolmut – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar kegiatan pelatihan “Kulipu”. Bertempat di Aula SMP Negeri 1 Kaidipang, Rabu (27/7/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema “Membangun kesadaran masyarakat melestarikan kesenian tradisional dalam memajukan kebudayaan daerah”, yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Bolmut Sulha Mokodompis mengatakan, pelatihan Kulipu ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat Bolmut dalam mempertahankan dan melestarikan kesenian tradisional daerah setempat.

“Dalam upaya melestarikan budaya ini tentu kita ada generasi kedepan untuk menggunakan Kulipu ini,” kata Sulha.

Alat kesenian tradisional Kulipu di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WTB) Nasional (Foto detiksulawesi.com)

Dengan begitu, lanjut Sulha, Kulipu salah satu alat kesenian tradisional yang dimiliki daerah Bolmut. Terlebih alat Kulipu sudah termasuk dalam Negara.

“Kulipu ini sudah tercatat di Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Budaya Kulipu sudah menjadi salah satu bagian dari Negara kita,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini di hadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM Hi. Abdul Mutoh Daeng Mulisa, Ketua dan anggota Komisi I DPRD Bolmut Rekso Siswoyo Binolombangan dan Budi Setiawan Kohongia serta 15 peserta pelatihan dari enam Kecamatan yang di wilayah Bolmut. (Dr)