Dinkes Bolmut Kembali Gelar Sosialisasi dan Pelayanan Kesehatan Gratis di Desa Inomunga

oleh -99 Dilihat

ASUMSI.ID | BOLMUTDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali menggelar Pelayanan Kesehatan Gratis di beberapa desa terpencil yang ada di Kabupaten Bolmut. Pelayanan Kesehatan Gratis dengan tema ”Bangkit Indonesiaku Sehat Negriku”.

Kegiatan ini dilakukan program Dinas Kesehatan Bolmut juga dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Tahun tepatnya tanggal 12 November 2022 nanti.

Setelah dua hari sebelumnya, melakukan kegiatan yang sama di Desa Huntuk Kecamatan Bintauna pada Rabu 19 Oktober dan Desa Tanjung Sidupa Kecamatan Pinogaluman pada Kamis 20 Oktober 2022.

Kali ini, Dinkes Bolmut bersama Publik Safety Center (PSC) 119 dan Badan Penanggulangan Bencana (BAPENA) PPNI Bolmut menyasar Desa Inomunga, Kecamatan Kaidipang, Jumat (21/10/2022).

Selama 3 hari berturut-turut, Dinkes Bolmut memboyong para Dokter, Perawat, Bidan, Penyuluh dan tenaga administrasi dilingkup Dinas Kesehatan untuk memberikan sosialisasi dan pelayanan kesehatan secara gratis.

Plt. Kepala Dinkes Bolmut melalui Kabid Farmalkes Sofian Mokoginta mengungkapkan, bahwa ini adalah salah satu wujud pelayanan kesehatan yang diperutukkan untuk mereka yang berada di Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) Bolmut.

Pelayanan kesehatan yang diberikan pun terbilang lengkap, mulai dari penyuluhan kesehatan dan sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) sampai pemeriksaan kesehatan kepada para masyarakat.

Sofian melanjutkan, masyarakat terlihat sangat antusias datang untuk dilayani dengan pemeriksaan kesehatan lengkap dari beberapa dokter, mereka juga sangat senang karena tetap mendapatkan perhatian terkait kesehatan mereka walaupun mereka berada di Desa.

BACA JUGA: Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat melalui Edukasi dan Pelayanan Langsung

“Selama tiga hari kami melakukan pelayanan di tiga tempat berbeda, jari Rabu di Desa Huntuk, hari Kamis di Desa Tanjung Sidupa dan hari Jumat kami lakukan pelayanan kesehatan di Desa Inomunga,” ungkapnya.

Sofian Mokoginta juga selaku Koordinator PSC 119 Bolmut mengatakan selama tiga hari melakukan kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan gratis pihaknya telah melayani 82 orang warga.

Dalam kesempatan itu, Sianet Tampi selaku Ketua BAPENA PPNI Bolmut menuturkan bahwa keterlibatan BAPENA sangat perlu dan penting sebagai tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan kapabilitas dalam penanggulangan bencana.

“Untuk itu perlu kami mensosialisasikan kepada masyarakat tentang peran masyarakat dalam penanganan jika terjadi gempa bumi, tanah longsor, banjir dll. Terutama di wilayah-wilayah yang rawan bencana dan jauh dari akses pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut Sangadi Inomunga Sidin Datuela bersama perangkat desa mendampingi masyarakat yang datang berobat. (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.