ASUMSI.ID, Bolmut – Forum Kabupaten Sehat Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Advokasi 9 Tatanan Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tahun 2022. Bertempat di ruang rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut, Jumat (1/7/2022).

Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat sebagai upaya untuk mewujudkan kondisi yang bersih, nyaman, aman dan sehat dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS mengatakan, bahwa dalam mewujudkan kehidupan masyarakat sehat mandiri Pemerintah Kabupaten Bolmut bersama DPRD telah berkomitmen melalui 9 tatanan penyelenggaraan KKS Tahun 2022.

“Kita harus perkuat dan lengkapi data-data sampai dilapangan agar supaya tim penilai saat turun lapangan mereka bisa temukan ada dilapangan nanti, mana dirasa kurang harus kita lengkapi. Sehingga, pada bulan September nanti di verivikasi mendapat nilai terbaik,” ujarnya.

“Terima kasih kepada Ketua Forum KKS Bolmut yang juga dari Komisi 1 DPRD Bolmut. Ini kolaborasi kita antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan KKS Tahun 2022,” ujarnya.

Sementara, ditempat yang sama Ketua Forum KKS Bolmut Djuldin Bolota mengungkapkan, bahwa sebenarnya hanya ada 7 tatanan yang dilain dalam KKS dan Kabupaten Bolmut mendapat penghargaan tahun 2019.

“Kemarin 7 Tatanan dan hari ini menjadi 9 tatanan yang harus kita fokus. Insya Allah kita bisa sukses dalam penilaian KKS nanti. Hal ini bukan hal yang baru karena sebelumnya ada penghargaan maka kami tidak ragu,” pungkasnya.

Turut hadir, Jenne Mandu, SKM pembina KKS Provinsi Sulawesi Utara, Anggota DPRD Bolmut Yahya Suit Pontoh, Kepala OPD terkait di lingkup Kabupaten Bolmut, para Camat dan Sangadi.

Adapun 9 Tatanan penyelenggaraan KKS tahun 2022:

1. Kehidupan masyarakat sehat mandiri
2. Permukiman dan rumah ibadah
3. Pasar rakyat
4. Satuan pendidikan
5. Pariwisata
6. Transportasi dan tertib lalu lintas jalan
7. Perkantoran dan perindustrian
8. Perlindungan sosial
9. Pencegahan dan penanggulangan bencana

(Dolvin)