ASUMSI.ID | Medan – Wakil Menteri (Wamen) Pertanian Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi yang juga selaku Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS), menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PJS Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Bertempat di Hotel Garuda Plaza Medan, Senin (25/7/2022).

Pada kesempatan itu, Wamen Pertanian mengatakan jika PJS hadir untuk merangkul dan menjadikan jurnalis yang belum tergabung di organisasi pers untuk dibimbing menjadi kompeten dan profesional.

“PJS ini bukan saingan organisasi pers lainnya, tetapi merupakan keseimbangan dalam dunia pers,” kata Harvick Hasnul Qolbi.

Harvick berharap, para pemimpin di Sumatera Utara dapat mengakomodir PJS apalagi menjelang pesta demokrasi tahun 2024 nanti.

“Namanya pesta mari kita sambut dengan gembira, dan mengangkat potensi kader-kader terbaik daerah, berikan mereka peluang,” ujarnya.

PJS di daerah juga ia minta untuk bersinergi dengan pemerintah setempat agar capaian-capaian dan kebijakan pemerintah dapat diketahui publik lebih luas.

“Pemerintah bersama dengan masyarakat, masyarakat bersama
dengan pemerintah untuk bertukar informasi positif yang akan tersampaikan ke masyarakat,” tegasnya.

Ia pun menyatakan apresiasi yang tinggi kepada PJS Sumut yang hanya dalam tempo hitungan jam mampu mengadakan acara pengukuhan dan pelantikan ini.

“Saya diinformasikan pada Sabtu malam, hari Minggu libur, namun di Senin bisa digelar acara ini,” tambahnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah menyambut baik pengukuhan ini.

“Atas nama pemerintah Propinsi Sumatera Utara saya ucapkan selamat kepada kepengurusan PJS Sumut,” ujarnya.

Ia mengaku terbuka dan siap menjalin kerjasama dengan PJS dalam memberikan informasi-informasi pembangunan Sumatera Utara.

“Peran jurnalis dan media sangat penting dalam mendukung pembangunan,” ujarnya.

Sementara Ketua PJS Sumut Jhon Daniel Manik berterimakasih kepada Wakil Ketua Umum DPP PJS, M. Perismon yang telah mengukuhkan pengurus PJS Sumut. Ia menyatakan pengurus PJS Sumut akan siap mengembangkan organisasi ini hingga ke kabupaten kota.

“Kita harapkan dengan kerja keras kita nantinya PJS akan menjadi konstituen Dewan Pers,” kata Jhon.

Tampak hadir dalam pengukuhan ini Ketua JMSI Sumut, Rianto Agly, sejumlah pejabat Kementrian Pertanian dan anggota PJS. (*)