Jelang Muswilub DPW LIRA Jatim, Presiden LIRA Andi Syafrani Dorong Iklim Demokrasi Menjadi Lebih Sehat

oleh -183 Dilihat
STATEMEN : Presiden LIRA KH. Andi Safrani. (Foto : Istimewa)

ASUMSI.ID | JAKARTA – Menjelang Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Provinsi Jawa Timur, Presiden LIRA KH. Andi Syafrani, SHI, MCCL menyerukan kepada seluruh Pengurus LIRA bahwa agenda Muswilub DPW LIRA Provinsi Jawa Timur harus berlangsung dengan baik dan sehat. Muswilub diharapkan dapat berlangsung secara demokratis.

Pengurus DPP LIRA juga dihimbau untuk tidak terlibat dukung mendukung salah satu calon yang akan maju sebagai Bakal Calon Gubernur LIRA Provinsi Jawa Timur. Apalagi intervensi baik langsung maupun tidak langsung dalam proses yang berlangsung di Muswilub DPW LIRA Jawa Timur bulan ini.

Presiden LIRA Andi Syafrani menegaskan DPW LIRA Jawa Timur ini adalah simbol demokrasi LIRA nasional. “Semua DPD LIRA yang aktif di 21 Kabupaten/Kota, LSO, akan ikut terlibat dalam proses mensukseskan Muswilub DPW LIRA Provinsi Jawa Timur. Semuanya diharapkan dapat guyub rukun untuk mensukseskan acara Muswilub DPW LIRA Jawa Timur di akhir bulan ini,” ujar Andi Syafrani, Jumat (20/1/2023).

Lebih lanjut, Andi menjelaskan, Guyub rukun seluruh DPD LIRA di Jawa Timur kali ini juga harus disambut dengan baik oleh DPP LIRA. Kehadiran Pengurus DPP LIRA dalam agenda Muswilub di Jawa Timur nanti, tidak boleh menjadi beban DPW dan DPD LIRA di daerah.

Maka, lanjut ia, pengurus DPP LIRA yang bertugas di Muswilub mulai dari SC dan Timsel telah dihimbau untuk tidak terlibat langsung yang menciderai proses demokrasi dalam Muswilub DPW LIRA Jawa Timur. “DPP LIRA jangan menjadi beban di daerah dalam pelaksanaan Muswilub agar proses berjalan baik, lancar dan iklim demokrasi yang sedang berjalan ini menjadi sehat, dan Muswilub Jawa Timur ini menghasilkan Gubernur LIRA yang baik untuk mendorong demokrasi di Jawa Timur menjadi lebih baik,” katanya.

Seperti diketahui, Musyawarah Luar Biasa DPW LIRA Provinsi Jawa Timur akan digelar mulai tanggal 21 Januari 2023 sampai dengan 29 Januari 2023. Proses pendaftaran bakal calon gubernur LIRA dilaksanakan di Surabaya mulai tanggal 21 Januari s/d 25 Januari 2023 berkoordinasi dengan Ketua OC, Muhammad Arif, yang saat ini menjabat Bupati LIRA Mojokerto.

Dilanjutkan pada tanggal 26 Januari 2023 dilaksanakan di Surabaya dengan agenda verifikasi berkas Bacagub LIRA. Tanggal 27 Januari 2023 di Surabaya dilaksanakan penetapan pengumuman Cagub LIRA.

Sedangkan, pelaksanaan Muswilub DPW LIRA Jawa Timur diselenggarakan tanggal 29 Januari 2023 di Hotel Tretes Raya, jalan Malabar No. 168-169 Tretes, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Peserta Muswilub DPW LIRA Provinsi Jawa Timur di Tretes adalah 21 DPD LIRA se-Jatim, 2 LSO, 1 perwakila DPW dan 2 pengurus DPP. (Muh Nurcholis)