BOLMUT, Asumsi.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Komisi III menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama mitra kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Bolmut, Sartono Dotinggulo didampingi anggota DPRD masing-masing Akrida Indah Datunsolang, Moh. Rafiq Pangau, Suriansyah Korompot dan Moh. Guntur Sune, bertempat diruang rapat Komisi III, Selasa (21/6/2022).

Ketua Komisi III DPRD Bolmut menjelaskan, bahwa rapat itu merupakan agenda untuk membahas program ataupun kegiatan pada masing-masing mitra kerja OPD di tahun 2022 serta mengetahui sejauh mana realisasi program tersebut.

“Kami telah mengagendakan untuk mengevakuasi beberapa kegiatan pada Dinas tertentu. Untuk mengetahuinya kami telah mengundang diantaranya Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan Bapelitbang,” kata Sartono Dotinggulo pada media ini.

Menurut Sartono, raker sangat penting dilakukan karena sebelumnya pihak Komisi III DPRD Bolmut telah melakukan peninjauan dilapangan terkait infrastruktur yang sudah dibangun di tahun-tahun sebelumnya maupun kegiatan yang sementara dilaksanakan.

Bahkan pihaknya pun telah berkunjung ke Pemerintah Provinsi hingga Pusat terkait status Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Pelabuhan Tanjung Sidupa sehingga pihaknya bermaksud untuk mencari solusi ataupun jalan keluar terkait aset yang berada di wilayah Bolmut.

“Terkait beberapa kegiatan di tahun ini, diantaranya masalah TPA yang kita ketahui bersama itu tersandung dengan masalah hukum. Kami berupaya mencari solusinya bersama Dinas terkait,” kata Sartono.

“Begitupun dengan Dinas Perhubungan, terkait status Pelabuhan Tanjung Sidupa yang sampai saat ini masih terkendala statusnya”.

Selanjutnya, Bapelitbang yang memiliki fungsi perencanaan. Sehingga kami memastikan sudah sejauh mana progres perencanaan sudah sejauh mana progres terkait dengan kegiatan -kegiatan yang ada di OPD,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, Dinas terkait dapat memaksimalkan anggaran yang ada. Kami juga berharap agar progres anggaran hingga akhir tahun ini kiranya tidak ada kegiatan yang tidak selesai. Terlebih, program dibeberapa OPD sangat bersentuhan dengan masyarakat seperti pembangunan jalan, irigasi maupun air bersih,” pungkasnya.

Raker tersebut dihadiri, Plt. Bapelitbang Kabupaten Bolmut Aroman Talibo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bolmut Irma Ginoga, dan Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Bolmut Reimond Patadjenu serta jajaran terkait. (DR)