BeritaGorontaloHukrim

Kekerasan terhadap Wartawan kembali Terjadi di Pohuwato, Jurnalis Online Bolmut minta Polisi Usut Tuntas

202
×

Kekerasan terhadap Wartawan kembali Terjadi di Pohuwato, Jurnalis Online Bolmut minta Polisi Usut Tuntas

Sebarkan artikel ini

ASUMSI.ID | BOLMONG UTARA – Ketua Jurnalis Online Bolmut (JOB) Sulawesi Utara Patris Babay meminta aparat penegak hukum (Polisi), usut tuntas pelaku kekerasan yang dialami salah satu wartawan media online Isran Doda saat sedang meliput aksi unjuk rasa di PT Inti Global Laksana (IGL) Kecamatan Popayato Timur, Kabupaten Pohuwato, Rabu (15/2/2023).

Ketua JOB Patris Babay mengingatkan, profesi wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh undang-undang, kode etik jurnalistik dan regulasi lain yang sah di mata hukum dan negara.

“Kejadian kekerasan yang dialami Irsan Doda adalah bentuk ancaman terhadap hal-hal lebih prinsip dalam kehidupan pers nasional, yakni ancaman terhadap kebebasan dan kemerdekaan pers, yang diperjuangkan dengan pengorbanan besar,” kata Patris, Kamis (16/2/2023)

Jurnalis Online Bolmut, memandang kejadian yang menimpa wartawan media online Isran Doda membuktikan bahwa ikhtiar untuk menjalankan dan menegakkan kebebasan dan kemerdekaan pers masih menghadapi banyak hambatan dan tantangan berat.

“Kami meminta kepada aparat penegak hukum (Polisi) untuk mengusut kasus ini secara tuntas dan membawa pelakunya ke peradilan agar mendapatkan hukuman yang setimpal atas perbuatannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Patris Babay berharap pers nasional, khususnya di Pohuwato, tidak surut dan tidak takut menjalankan fungsinya sebagai kekuatan sosial kontrol, juga terhadap perilaku pihak-pihak yang gandrung kepada kekerasan, dan lainnya, dengan tetap memperhatikan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan regulasi lain yang sah. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)