Ketua DPRD Bolmut Ikuti Upacara Hari Pahlawan Ke-77 dan Ziarah Tabur Bunga

oleh -53 Dilihat
Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra saat menabur bunga di kawasan pelabuhan Boroko

ASUMSI.ID | BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022 yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Bolmut, Kamis (10/11/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh dan Komandan Upacara Letda Inf. Haris Hulinggi, Danramil Bintauna.

Dalam Upacara dengan tema “Pahlawanku, Teladanku”, dilaksanakan hening cipta selama 60 detik sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang serta pembacaan pesan-pesan pahlawan.

Berikut amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Bupati Bolmut.

Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya.

Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar- laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!

Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan Ancaman dan Tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan Sumber Daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi Bangsa Pemenang.

“Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka”.

Lanjutnya, Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika.

Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain.

Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama.

Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para Pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan.

Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.

Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022”.

Usai Upacara, Peringatan Hari Pahlawan Ke 77 dilanjutkan dengan Ziarah Tabur Bunga yang bertempat di Pelabuhan Boroko. Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP.

Turut Hadir, Forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Anggota DPRD Bolmut, Pabung 1303 Bolaang Mongondow, Instansi Vertikal Kab. Bolmut, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD, TNI/Polri, Para Camat, Pimpinan Perbankan, Serta Seluruh Peserta Upacara. (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.