BOLMUT, Asumsi.id – Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Mahmud Marhaba, resmi menetapkan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PJS Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) secara virtual, Rabu (15/06/2022).

Dalam arahannya, Mahmud menegaskan pentingnya suatu organisasi yang mewadahi para kuli tinta. Menurutnya, dengan wadah organisasi profesi, para jurnalis mempunyai jaminan perlindungan dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

“Organisasi profesi wartawan itu penting bagi para wartawan, mengingat dalam melaksanakan tugas akan banyak kendala yang berkaitan hukum. Dalam hal itu, organisasi profesi mempunyai wewenang dalam memberikan perlindungan hukum,” ujar Mahmud.

Hadirnya PJS lanjut Sekjen JMSI itu, sebagai bentuk keprihatinan banyaknya wartawan baru yang belum tercover pada organisasi pers seiring pesatnya teknologi informasi, sehingga melahirkan ribuan media online di seluruh tanah air.

“Seiring kemajuan teknologi informatika, maka tumbuh pesat media online, sehingga lahir pula banyak wartawan. Tentunya mereka tidak serta merta tercover pada organisasi pers, maka kami membentuk organisasi ini (PJS-red) sebagai wadah bagi pewarta baru,” lanjut Mahmud.

Selaku Plt Ketum PJS Mahmud mengatakan jika PJS merupakan organisasi jurnalis yang memiliki visi ‘Transformasi Menuju Jurnalis Berintegritas, Profesional dan Kompeten’ telah berada di 16 provinsi di Indonesia. Penyebarannya pun sudah sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Untuk Kabupaten Bolmut sendiri kata Mahmud, merupakan Kabupaten pertama di seluruh Indonesia yang sudah dikukuhkan struktur organisasinya. Dan dalam waktu dekat akan diikuti oleh daerah lainnya seperti di Kalbar, Riau dan Sumut.

“Saya salut dengan Kabupaten Bolmut, karena baru Bolmut Kabupaten yang pertama di seluruh Indonesia, struktur DPC PJS-nya dikukuhkan. Dalam waktu dekat akan ada pengukuhan oleh pengurus DPD dengan mengundang saya secara fisik,” kata penguji UKW dari UPN itu.

Sebelumnya, dirinya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap pengurus DPC PJS Bolmut atas gerakannya dalam mengemban amanah sebagai pemegang mandat pembentukan DPC PJS di Kabupaten paling Barat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) itu. (Dr)