Kolaborasi Dinas PPKBPPPA, BKKBN dan TNI Sukseskan Program Nasional di Bolmut

oleh -181 Dilihat

BOLMUT, Asumsi.id – Dalam mensukseskan program nasional khususnya program keluarga berencana (KB) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA), bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan TNI melakukan pelayanan kontrasepsi terintegrasi kepada masyarakat, di Kecamatan Bolangitang Timur, Selasa (24/5/2022).

Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia dalam Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting maka BKKBN ditunjuk sebagai koordinator percepatan penurunan Stunting. Dan tentunya perlu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan lintas sektor terkait.

“Salah satunya Kegiatan hari ini yaitu pelayanan KB dirangkaikan dengan TNI Manunggal Masuk Desa. Dimana Provinsi Sulut, TMMD yang ke 113 lokus pelaksanaannya di Kabupaten Bolmut,” kata Dr Alfrida Bayang, Koordinator Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi (KBKR) Provinsi Sulut.

Menurutnya, dalam mensukseskan program tersebut membutuhkan sinergitas lintas sektor dan stakeholder untuk mensosialisasikan dan advokasi masyarakat sampai ke pelosok.

“Kami sangat bersyukur, atas keikutsertaan masyarakat melalui pelayanan KB, kami disuport oleh dinas PPKBPPPA Bolmut dan TNI bersinergis dalam kegiatan TMMD,” ungkapnya.

Alfrida menjelaskan bahwa program KB sangat penting bagi keluarga di samping menjaga jarak antar kelahiran, juga untuk kesejahteraan keluarga dan dan menghasilkan manusia berkualitas.

“Karena lewat keikutsertaan masyarakat dalam pelayanan KB, dan nantinya ada perencanaan di dalamnya dan nantinya ada pengaturan jarak dan jumlah anak yang diperlukan sehingga ada perencanaan,” imbuhnya.

Sementara, Komandan Satgas TMMD Ke 113 Sertu Samsul, mengatakan TNI menjadi pelopor serta penggerak program pemerintah dalam pelayanan kesehatan dan keluarga berencana ditengah masyarakat.

“Terima kasih kepada BKKBN dan Dinas PPKBPPPA termasuk pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat yang selama telah mensupport kegiatan TMMD ke 113. Pesan saya, apapun bentuk kerjasama ataupun bantuan tetap koordinasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Bolmut Yani Lasama, SKM menyampaikan terima kasih atas dukungan mensukseskan program pelayanan kontrasepsi di Bolmut.

“Kami merasa sangat terbantu sekali dalam hal mensukseskan program dan kegiatan pelayanan kontrasepsi, sehingga ucapan terima kasih kepada BKKBN Provinsi maupun Ketua Satgas TMMD maupun Kodam 1303 Bolaang Mongondow. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar untuk dapat mencegah kasus Stunting di Bolmut,” tuturnya. (Dr)