BOLMUT, Asumsi.id -Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pasang target untuk tahun 2021 mencapai predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) pada tingkat pratama.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bolmut Yani Lasama, SKM, pada media ini diruang Sekretaris Daerah, Rabu (8/6/2022).

“Pemda berkomitmen bisa mencapai Pratama dapat tercapai pada tahun 2021 ini,”kata Yani Lasama.

Menurutnya, untuk mendapatkan predikat tentunya saat ini pemda telah memasuki verifikasi mandiri serta mempersiapkan dokumen strategi dalam mewujudkan Bolmut sebagai kabupaten layak anak tingkat pratama serta dokumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan pemenuhan nilai berdasarkan hasil Verifikasinya secara Virtual.

Selanjutnya, terdapat lima klaster konvensi hak anak yang mesti diwujudkan untuk mencapai kabupaten layak anak serta terpenuhinya hak sipil kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

Kemudian, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus.

“Lima klaster ini yang harus dipenuhi pemerintah untuk mendapatkan predikat tersebut. Contohnya, ketika anak itu lahir maka anak ini harus diakui oleh negara dengan dikeluarkannya akta kelahiran dan diberikan secara gratis,” ujarnya Lasama.

Ia menuturkan pihaknya mencoba membangun komitmen dengan semua organisasi perangkat daerah dan stakeholder lainnya, guna memenuhi hak anak tersebut.

“Organisasi perangkat daerah yang ia pimpin berupaya menjembatani semua hak anak agar bisa masuk dalam rencana kegiatan, program, dan kebijakan yang disusun oleh organisasi perangkat daerah lainnya. Sehinganya dipandang perlu keterlibatan OPD terkait sangad perlu dalam mencapai apa yang Pemda harapkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Bolmut dr. Jusnan Mokoginta, MARS turut menambahkan bentuk evaluasi yang melibatkan lintas sectoral yang baru saja dilaksanakan menandakan jika pemkab Bolmut seriusi dalam hal menargetkan prestasi tingkat pratama KLA tahun 2021.

“Tentunya untuk mendapatkan hasil penilaian yang maksimal harus didukung dengan kerja-keja berbasis data yang melibatkan semua instansi terkait. Namun kami Pemkab Bolmut masi optimis jika Bolmut mampu memenuhi hal tersebut sebagaimana menjadi target dalam penilaian KLA ditahun 2021,” singkatnya. (Dr)