Optimalisasi Kapasitas Forum Anak, Dinas PPKBPPPA Libatkan Pelajar di SMA N 1 Bolangitang

oleh -69 Dilihat
Kadis PPKBPPPA Kabupaten Bolmut Yani Lasama, SKM di kegiatan Optimalisasi Kapasitas Forum Anak, yang berlangsung di SMA N 1 Bolangitang, Rabu (23/11/2022).

ASUMSI.ID | BOLMUT – Dalam rangka mengoptimalisasikan Kapasitas Forum Anak sebagai Pelopor Pencegahan Perkawinan Usia Anak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) melibatkan Pelajar di SMA Negeri 1 Bolangitang, Kecamatan Bolangitang Barat, pada Rabu (23/11/2022).

Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama mengatakan, Forum Anak merupakan salah satu pelaksanaan peran anak sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan demi mewujudkan generasi berencana.

“Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Yani.

Lebih lanjut Yani mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 di Kabupaten Bolmut terdapat beberapa kasus yang lagi trend diantaranya pernikahan usia anak, kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Ini semua kita harus sampaikan kepada adik-adik termasuk bullying yang terjadi di daerah wilayah Sulut baru-baru ini. Karena adik-adik sebagai remaja gendre, dimana remaja gendre memiliki makna yaitu hindari pernikahan usia anak, hindari narkoba dan hindari seks bebas,” tutur Yani Lasama.

Untuk itu, dirinya menyebutkan melalui Proyek Perubahan (Proker) yang diikuti pada Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II oleh LAN (PKN-II) di BPSDM Denpasar Bali, menyusun Proker program Strategi Holistik Cegah Perkawinan Usia Anak dengan nama pogram TAKTIK CERIA.

Kadis PPKBPPPA Bolmut juga berpesan agar menggunakan media sosial yang bermanfaat bagi orang lain khususnya sesama remaja yang berkaitan dengan makna dari remaja gendre tersebut.

Sebelumnya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Bolangitang La Ode Sarfila, S.Pd dalam sambutannya atas nama Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih atas kedatangannya di Sekolah itu.

Ia juga mengharapkan kepada para siswa untuk mengikuti kegiatan tersebut hingga akhir kegiatan.

“Saya berharap dengan kegiatan ini adik-adik ikuti dengan seksama demi kita generasi cemerlang,” imbuhnya.

Selain itu, pengurus Forum Anak Daerah Kabupaten Bolmut terdiri dari Feliceya Sifa Tambuwun (Ketua FAD Bolmut), Maulan Rivai Mustapa (Wakil Ketua) Safwa Awalia Alamri (Ketua FAD Kecamatan Bolangitang Barat) juga memberikan materi yang berkaitan dengan Forum Anak.

Pantauan media asumsi.id, kegiatan tersebut diakhiri dengan Yel-yel dukungan stop Perkawinan Usia Anak serta kuis untuk mengasah kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya. (Dolvin Rivai)

No More Posts Available.

No more pages to load.