Optimalkan Pengarsipan di Dinas PPKBP3A Bolmut, Widiastuty Rancang Inovasi LISASIGESIT

oleh -107 Dilihat
Widiastuty Posangi, SH, MM peserta PKA LAN Makasar Angkatan I Tahun 2022.

ASUMSI.ID | Bolmut – Salah satu Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrasi (PKA) Angkatan I di LAN Makasar Tahun 2022 asal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Widiastuty Posangi, SH, MM telah menyusun rencana Proyek Perubahan dengan judul Optimalisasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Digital (LISASiGESIT).

Dimana masih terdapat masalah pengelolaan pengarsipan dokumen pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Bolmut masih belum optimal, seperti surat masuk keluar, surat pertanggung jawaban keuangan dan pengarsipan dokumen kepegawaian.

“Kendala yang sering dialami misalnya penumpukan berkas-berkas dokumen, surat masuk keluar setelah di disposisi sering tercecer dan dokumen kepegawaian belum tersimpan dalam bentuk pdf. Pada saat pemeriksaan Inspektorat dan BPK dokumen pertanggungjawaban belum diarsipsikan dalam bentuk pdf,” kata Widiastuty.

Berbagai kendala tersebut, Widiastuty Posangi yang juga selaku Sekretaris Dinas PPKBP3A Bolmut ini mengaku, dirinya melalui proyek perubahan melakukan terobosan untuk perbaikan kinerja organisasi dalam pelayanan pengarsipan dokumen secara manual diganti dengan berbasis digitalisasi.

“Solusi untuk mengatasi masalah itu dilakukan melalui aksi perubahan berbasis digital yaitu aplikasi LISASIGESIT,” ungkapnya.

Adapun manfaat yang dihasilkan atas aksi perubahan tersebut, baik bagi SDM Aparatur, kinerja organisasi dan juga bagi OPD terkait. Diantaranya, Memudahkan Pencarian Dokumen Arsip (Tracking Dokumen), Tersedianya Database Secara Aman, Tidak terjadi penumpukan dokumen dimana-mana.

Kemudian, Efisien waktu dan penyimpanan dalam hal pencairan dokumen tidak memerlukan waktu yang lama, Dokumen kepegawaian dapat diakses kapanpun dan dimanapunn Ketika dalam pengurusan kenaikan pangkat dapat langsung diakses dan dimasukan ke BKD, serta Dokumen kepegawaian tersimpan secara aman sehingga tidak akan ada kekhwatiran pegawai saat tercecer ataupun rusak.

Dengan sistem aplikasi ini, Widiastuty berharap kedepannya dapat dikembangkan sehingga menjadi suatu penataan informasi kearsipan dilingkungan Dinas PPKBP3A dan Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten Bolmut. (Dr)

No More Posts Available.

No more pages to load.