Pelatihan PBD, Depri Pontoh: Tidak ada lagi Satuan Pendidikan yang belum melihat Rapor Pendidikannya

oleh -67 Dilihat
Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh saat menyampaikan sambutan pada pelatihan PBD Satuan Pendidikan SD dan SMP. (Foto: Ist.)

ASUMSI.ID | BOLMUTBupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada Satuan Pendidikan SD dan SMP se-Bolmut, bertempat di Naulas Resort and Resto, Desa Paku Selatan, Kecamatan Bolangitang Barat, Selasa (1/11/2022).

Diketahui, Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun Dinas Pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya.

Tujuannya adalah untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Dalam kesempatan itu, Depri Pontoh menyampaikan PDB hadir melalui wadah evaluasi sistem pendidikan untuk menjadikan satuan pendidikan dan pemerintah daerah melakukan penahapan peningkatan mutu secara berkelanjutan.

“Berdasarkan satu data (Single Source of Data) yang bermuara pada satu platform profil pendidikan yang didalamnya termuat rapor pendidikan yang mempersentasikan evaluasi layanan pendidikan,” kata Bupati Bolmut.

Menurut Depri, Kemendikbud Ristek RI telah meluncurkan sebuah platform Rapor Pendidikan Indonesia, dimana platform ini menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Sehingga, diharapkan kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru ini lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi, yang digunakan oleh satuan pendidikan sebagai pijakan untuk melakukan perencanaan berbasis data dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

“Seluruh satuan pendidikan SD dan SMP di Bolmut dapat melihat rapor pendidikannya masing-masing melalui platform rapor pendidikan,” ungkapnya.

“Tidak ada lagi satuan pendidikan yang belum melihat rapor pendidikannya”, ujar Depri.

“Karena berawal dari rapor pendidikan, setiap satuan pendidikan menentukan langkah dalam pembuatan program dan penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS),” jelas Bupati dia periode itu.

Turut Hadir, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, staf khusus Bupati, Narasumber dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan Sulut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut beserta jajaran, Para Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Bolmut, (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.