Peluang Usaha dan Bisnis Jangka Panjang di Desa yang Menjanjikan

oleh -96 Dilihat

ASUMSI.ID – Indonesia merupakan wilayah yang mampu menyediakan potensi usaha. Lapangan pekerjaan di perkotaan semakin menipis, ditambah dengan memadatnya jumlah penduduk. Kini, masyarakat Indonesia memilih untuk memulai usaha di desa. Berikut ini rekomendasi peluang usaha dan bisnis yang bisa bertahan dalam jangka panjang di desa, dilansir dari beberapa laman.

1. Budidaya Pertanian Organik.
Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat membuat produk pertanian organik kini semakin banyak diminati. Cobalah untuk mengolah produk pertanian kamu, untuk didistribusikan di pasar-pasar hingga ke daerah lainnya yang lebih luas lagi.

Selain itu juga bisa menggunakan hidroponik, atau cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi. Caranya juga mudah dipahami, cukup belajar dari berbagai kanal di Youtube yang menjelaskan bagaimana bertani menggunakan metode hidroponik.

2. Membangun Usaha Peternakan.
Usaha peternakan memang menjanjikan, bahkan bisa dikatakan menjadi peluang yang besar jika dilakukan di daerah pedesaan. Banyak orang membutuhkan daging hewan ternak untuk dikonsumsi, membajak sawah, dan aktivitas lainnya yang membuat usaha ini semakin mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi sumber pakan hewan yang banyak tersedia secara alami sehingga dapat meminimalisir biaya produksi.

3. Usaha Penyewaan Alat dan Penjualan Produk Pertanian.
Mayoritas penduduk desa berprofesi sebagai petani, maka ide untuk menyewakan dan menjual alat hingga produk pertanian menjadi peluang cuan yang cukup besar. Selain mendapatkan pendapatan, kamu juga bisa mengambil peran dalam membantu masyarakat di desa.

4. Jasa Pangkas Rambut.
Untuk menjaga penampilannya, jasa pangkas rambut diperlukan di desa. Terlebih kini kursus barber sudah menjamur dan harganya terjangkau. Usaha pangkas rambut pun dapat dijalankan secara fleksibel. Selain membantu para warga desa, kamu juga bisa belajar dan berkreasi sesuai dengan keahlianmu.

5. Mengembangkan Kerajinan Lokal.
Setiap daerah tentu memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing, kamu bisa memanfaatkan hal ini. Cukup cermati keunikan yang paling menonjol dan pilih salah satu yang paling potensial untuk dijadikan peluang bisnis. Distribusi produk kerajinan lokal ini juga tidak hanya bisa dilakukan di dalam daerah saja, namun juga bisa memasarkannya ke luar daerah maupun kepada para pengunjung yang datang ke desa kamu.

6. Jualan Kue Tradisional.
Setiap desa juga memiliki makanan khas dengan cita rasa tersendiri. Kamu bisa memanfaatkan potensi kue tradisional di desa dengan modal yang cukup terjangkau. Untuk memperoleh cuan yang semakin moncer, kamu bisa memasarkan hingga ke luar daerah.

7. Usaha Jahit.
Usaha jahit merupakan bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan. Kamu tak hanya bisa membantu orang desa membetulkan pakaiannya, namun juga berkreasi agar pakaian mereka lebih fashionable. Peluang usaha di pedesaan cukup dinamis perkembangannya, bahkan jika memang hasil jahitanmu menarik, kamu bisa menjual hingga luar desa.

8. Bisnis Makanan Kekinian.
Berkembangnya industri kuliner di daerah perkotaan dapat kita jadikan potensi untuk peluang usaha di desa. Selain jarang ditemukan sehingga minim persaingan, bahan bakunya juga pasti lebih murah daripada di perkotaan. Kamu juga memiliki beragam pilihan ide makanan kekinian apa yang sesuai dengan daerahmu.

9. Jasa Servis Motor.
Jasa servis motor merupakan jenis jasa yang tak lekang oleh waktu sebab kebanyakan orang di desa pasti sudah menggunakan peralatan bermotor. Jika kamu mempunyai usaha ini dan memiliki tempat strategis seperti di jalan poros desa, membuka jasa servis motor bisa menguntungkan.

10. Penginapan.
Daerah pedesaanmu punya tempat wisata yang indah? Kamu bisa menyulap beberapa kamar kosong untuk menjadi penginapan. Tak harus selengkap dan senyaman hotel atau penginapan mewah, penginapan warga tetap mempunyai keunggulan seperti suasana yang menjual. Selain itu, manfaatkan berbagai layanan media sosial untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas.

11. Membuka Pom Bensin Mini.
Berbicara tentang desa pasti tidak terlepas dengan jalur distribusi yang panjang. Kamu bisa berperan membuka pom bensin mini yang punya fungsi sama dengan pom bensin biasa namun dengan modal yang terjangkau. Kamu dapat menentukan tempat usaha di beberapa lokasi strategis di desa yang dilalui banyak orang setiap harinya.

12. Usaha Galon.
Peluang bisnis di kampung beraneka ragam. Usaha isi ulang galon bisa jadi usaha yang menjanjikan, banyak usaha maupun penduduk desa membutuhkan pasokan galon dengan skala yang cukup besar.

13. Ternak Ayam Kampung.
Siapa yang tak suka masak ayam kampung? Usaha ternak ayam kampung menjadi usaha ang menguntungkan karena desa memiliki lahan yang luas dan juga memiliki lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam sehingga pasti beternak ayam kampung punya modal yang kecil.

14. Jual Bibit Tanaman.
Menjual berbagai jenis bibit tanaman merupakan usaha menjanjikan di desa maupun hingga ke luar daerah. Mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, sampai dengan bibit tanaman buah-buahan.

15. Agen Elpiji.
Berjualan gas elpiji juga menjanjikan, terutama elpiji 3kg yang banyak digunakan warga desa. Menjadi sub agen untuk elpiji 3kg tak rumit, namun memang perlu persyaratan administrasi yang harus dilengkapi.

16. Menjadi Reseller Suatu Produk.
Tak semua produk di kota ada di desa, jadi kamu bisa menjadi reseller untuk beberapa produk yang sekiranya dibutuhkan di desamu. Seperti perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya. Sebelum itu, cobalah untuk riset terlebih dahulu, kira-kira produk apa yang dibutuhkan oleh warga di daerahmu?

17. Usaha Budidaya Buah-Buahan di Pedesaan.
Jika punya pengalaman dan ilmu dalam bidang pertanian dan desa kamu merupakan desa dengan identitas pertanian dan kesuburan tanah. Lebih baik jangan ragu mengambil keputusan untuk membangun bisnis budidaya buah-buahan.

Buah target pembudidayaan tidak jauh dari jenis buah oleh-oleh, misalnya mangga, rambutan, pisang, salak, jeruk ataupun sebagainya.

Saat ini sudah banyak bibit hybrid yang dapat berbuah banyak tapi hanya membutuhkan waktu yang cukup pendek untuk tumbuh.

18. Usaha Konter Pulsa dan Paket Internet di Desa.
Era teknologi smartphone bak wabah kutu yang menyerang ternak, area desa pun sekarang sudah banyak yang mulai memiliki smartphone karena perkembangan jaringan sinyal yang luar biasa pesatnya.

Membuka usaha konter pulsa dan isi ulang paketan bisa sangat prospek karena modal yang dibutuhkan relatif sedang dan dapat diputar terus menerus.

Tapi lokasi target dari outlet pulsa tidak dapat berada di dalam desa, harus ada tempat di sisi luar desa seperti di pinggir jalan utama penghubung desamu dan desa lainnya.

19. Menjadi Youtuber.
Membuat konten youtube baik usaha yang anda tekuni maupun suasana dan kearifan dari desa. Youtuber bisa dibilang sukses dan mendapat penghasilan yang sangat menjanjikan.

20. Bisnis Online dari Produk Hasil Desa.
Merintis usaha bisnis menjual produk hasil kerajinan atau produk olahan dari desa ke media online menurut admin hartrop adalah jenis bisnis yang paling menjanjikan.

Bagaimana tidak, coba lihat supermarket besar, ada banyak hasil desa yang dahulunya bisa kita dapatkan secara gratis justru sekarang malah dijual dengan harga yang cukup mahal.

Nah sahabat asumsi, itulah rekomendasi usaha dan bisnis di desa yang bisa bertahan jangka panjang. Kira-kira adakah salah satu bisnis yang kamu tertarik? Semoga rekomendasi ini membantu dan selamat mencoba, ya!