Pemkab Bolmut Gelar Konsultasi publik I Penyusunan KLHS Revisi RTRW 2013-2033

oleh -113 Dilihat
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bolmut Jacomina, H. J. Mamuaja, saat membuka kegiatan tersebut. Rabu (20/7/2022).

ASUMSI.ID, Bolmut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Konsultasi publik I Penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) dan Revisi RTRW Tahun 2013-2033 dan Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Ibu Kota Kabupaten Bolmut 21-2041, bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, Rabu (20/2022).

Bupati Bolmut Depri Pontoh, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bolmut Jacomina, H. J. Mamuaja, membuka kegiatan tersebut.

“Pelaksanaan konsultasi publik pertama ini merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan,” kata Bupati Bolmut dalam sambutannya yang dibacakan oleh Jacomina Mamuaja.

Selain itu Jacomina mengungkapkan bahwa, “KLHS RTRW tahun 2013-2033 dan rencana detail tata ruang kawasan ibukota Kabupaten Bolmut 2021-2041 memiliki tujuan untuk mematuhi dan melaksanakan amanat regulasi tentang penyusunan dan pelaksanaan KLHS, menjamin terwujudnya pembangunan yang produktif dan berwawasan lingkungan hidup dalam mendukung pemenuhan hak-hak dasar dan peningkatan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan dan untuk menjadi dasar dalam penyusunan revisi RTRW tahun 2013-2033 dan rencana aksi daerah dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) di Kabupaten Bolmut,” jelasnya.

Menurut Jacomina Mamuaja, Pemerintah Daerah terus berupaya mencapai tujuan dan sasaran pemerintah daerah, strategi akan dijabarkan dalam arah kebijakan yang merupakan program prioritas dalam pencapaian pembangunan daerah.

“Saya meminta perhatian kita bersama terutama kepada kelompok kerja dan para peserta konsultasi Publik ini untuk memperkuat koordinasi antar OPD dalam proses perencanaan terhadap pembagunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, dan juga aktif dan menyampaikan masukan sehingga dokumen KLHS revisi RTRW dan KLHS RDTR kawasan ibukota benar-benar mampu di implementasikan untuk terwujudnya visi dan misi kepala darah dengan indikator kinerja yang terukur,” pungkasnya.

Turut Hadir, Staf Khusus Bupati Abdul Samad Lauma, S. IP, Kepala DLH Irma Ginoga, S. Pd., M.Si, Narasumber Ir. Senimiawaty, ST., MT, Surono SP., MSC, Sundari Endah Paransi, S. PWK, Krisdianto Pranoto, SH Pimpinan OPD terkait. (*)

Sumber: Prokopimda Bolmut