Pemkab Bolmut Launching Aplikasi SIMUDAH

oleh -281 Dilihat

ASUMSI.ID | BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bolmut mengadakan Launching Aplikasi SIMUDAH dan Aplikasi Penduduk SPBE.

Sekaligus Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik melalui ke dua Aplikasi tersebut, yang bertempat di Aula Kantor Bapelitbang daerah setempat, Senin (28/11/2022).

Kegiatan itu dihadiri Asisten Bupati Bolmut Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang), Hi. Abdul Nazarudin Maloho dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Bolmut Aang Wardiman, Staf Ahli Bupati, dan para Kepala Perangkat Daerah serta Camat.

Dalam sambutan tertulis Bupati Bolmut Hi. Depri Pontoh yang dibacakan Asisten Bidang Ekbang menyampaikan bahwa transformasi digital dalam Intansi Pemerintah Daerah merupakan sebuah keharusan.

Sebagaimana amanat yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Transformasi digital bertujuaan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” kata Maloho.

Lebih lanjut, kata Maloho, sejalan dengan itu, maka pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo dan Persandian telah melakukan langkah-langkah untuk persiapan penerapan sertifikat elektronik di Kabupaten Bolmut.

“Yakni dengan melakukan pendatanganan perjanjian kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara dengan komitmen menyediakan kebutuhan sertifikat elektronik di Bolmut melalui teknis balai sertifikat elektronik, untuk mendukung keamana sistem elektronik dalam program transformasi digital,” ungkapnya.

Mantan Kepala Bapelitbang Bolmut itu menyebutkan, bahwa Aplikasi tersebut dapat mempermudah dalam proses birokrasi di daerah, yang pada prakteknya di era digitalisasi saat ini.

“Aplikasi SIMUDAH dapat mempermudah pelayanan kepada publik/mayarakat dan lebih cepat dapat mengakomodir aspirasi masyarakat dimanapun dan kapanpun kita sebagai pelayanan masyarakat dapat dengan cepat melayani,” ujar Maloho.

Smart City melalui tata kelola SPBE di Bolmut diantaranya, Aplikasi SIBAKTI (Sistem Informasi Bahan Pokok), dan aplikasi GODAMKAR (Sistem Informasi Kebakaran) versi website dan android,

Selain itu, Pemkab Bolmut memiliki website PPID (Pejabat pengelolah informasi dan dokumentasi), E-FIN (Elektronik Fingert) di khususkan untuk pegawai harian lepas, Website MOLIHUTO STUNTING,, website 6 (Enam) Kecamatan, dan aplikasi ETIKA (Elektonik Statistik). (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.