Pemkab Bolmut Susun Rancangan Perda Penanganan Stunting

oleh -1757 Dilihat

Asumsi.id | Bolmut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mulai menyusun dan membahas rancangan Peraturan Daerah tentang penanganan stunting secara konvergen dan terintegrasi di Kabupaten Bolmut.

Hal tersebut diungkapkan Amin Lasena saat membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penanganan Stunting (aksi 3) di Gedung Wanita, Desa Boroko Timur, Kecamatan Kaidipang, Kamis, (25/05/23).

“Saat ini kami dari Pemkab Bolmut sementara menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang Stunting. Karena 3 dari 5 pencegahan stunting yang paling menonjol atau paling rentan yaitu melahirkan dibawah umur,” ungkapnya.

Rancangan Perda tersebut, kata Amin, sebagai solusi untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Bolmut.

“Meskipun Bolmut angka stunting 2,61% akan tetapi kita menargetkan 0% sesuai yang disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey,” kata Amin.

“Sehingganya marilah kita bekerjasama atau istilahnya Molihuto (Gotong Royong) dalam pencegahan stunting ini,” imbuhnya.

Senada, Sekda Bolmut Jusnan Mokoginta menyebutkan dalam pelaksanaan Rembuk Stunting aksi 3 dari 8 aksi konvergensi yang di lakukan selama satu tahun.

“Aksi ke 4 langkah konvergensi pembentukan Perda, Perbup dan Perdes yang mengatur tentang Stunting,” terang Sekda Jusnan.

Saat ini, lanjut Jusnan, kita bekerja untuk tahun ini dan tahun depan untuk penilaian penanganan Stunting.

“Apa yang kita lakukan tahun (2022) kemarin, kita akan persentasikan dihadapan tim penilai, sama-sama dengan Kabupaten/Kota di Sulut pada Senin (29/5) nanti,” ujarnya.

Adapun penyelenggaraan dari Rembuk Stunting ini adalah Dinas PPKBPPPA Kabupaten Bolmut.

Turut dihadiri Koordinator Regional Wilayah Sulawesi Dirjen Bina Bangda, Forkopimda Bolmut, Sekda Bolmut, para Asisten, Staf Khusus Bupati, OPD terkait, Camat dan Kepala Puskesmas se-Bolmut serta Sangadi di desa lokasi khusus Stunting. (Dolvin)

No More Posts Available.

No more pages to load.