BOLMUT, Asumsi.id  – Setelah melalui Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar di Coconut Cafe Boroko Timur, pada 19 Juni 2022, maka secara sah terpilih Yosefus Kurniawan menahkodai Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Pada kesempatan itu Ketua DPW PPNI Provinsi Sulawesi Utara Suwandi Luneto, resmi melantik Yosefus Kurniawan sebagai ketua terpilih.

Setelah melalui beberapa tahapan dan proses maka tepatnya pada Sabtu (25/6/2022) bertempat di Aula Kantor Camat Kaidipang, Ketua DPW PPNI Sulut Suwandi Luneto melantik 37 pengurus DPD PPNI Kabupaten Bolmut periode 2022-2027, berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 010/DPW.PPNI/SK/K.S/VI/2022.

Hadir dalam pelantikan pengurus DPD PPNI Bolmut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Bolmut Jacomina H. Mamuaja, S.Pd mewakili Bupati, Kapala Bidang Pelkes Dinas Kesehatan Bolmut Sofian Mokoginta mewakili Kepala Dinas Kesehatan, Pengurus IBI dan Pengurus PAFI Kabupaten Bolmut.

Dalam sambutannya, Jacomina Mamuaja, menyampaikan bahwa perawat merupakan garda terdepan dalam mensukseskan akselarasi pemerintah dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Bolmut, perawat dapat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang kesehatan.

“Perawat sebagai tenaga kesehatan yang berada di lini terdepan dalam berbagai situasi terutama dalam masa pandemi ini, bergandengan tangan bersama dengan tenaga kesehatan lainnya agar keberadaan kita dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,” kata

Dirinya juga berharap kapada Ketua DPD PPNI Kabupaten Bolmut yang baru, dapat menjadikan anggotanya sebagai elemen yang selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan terbaiknya.

“Pemerintah daerah memandang PPNI Kabupaten Bolmut telah berkiprah secara optimal melaksanakan tugas dan fungsinya melalui beragam program dan kegiatan yang bermuara pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Di akhir arahannya Bupati Bolmut yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Bolmut, mengucapkan selamat dan sukses atas telah dilantiknya Ketua dan Pengurus PPNI Kabupaten Bolmut periode 2022 – 2027, yang baru saja dilantik oleh Ketua PPNI Propinsi Sulut.

Sementara itu Ketua DPD PPNI Kabupaten Bolmut yang akrab dipanggil Wawan ini berharap agar kedepannya para pemangku kebijakan bisa menempatkan orang sesuai dengan keahlian dan kemampuannya. Apalagi menyangkut masalah tenaga kesehatan. Tentu sangat dibutuhkan profesionalisme dalam mengabdi ke masyarakat.

“Banyak yang harus kita kerjakan dan di lakukan untuk memajukan PPNI Bolmut. Semangat kita tidak hanya saat pelantikan ini, tetapi hingga lima tahun kedepan PPNI Bolmut harus terasa,” ujarnya.

Menurutnya, PPNI adalah rumah bagi perawat dan harus menjunjung tinggi aturan organisasi dan diharapkan dapat mengayomi menjadi wadah perawat Bolmut.

“Kita harus menjunjung aturan organisasi PPNI. Untuk itu, kita harus memfasilitasi dan melayani anggota, kita juga harus bersinergi dengan pemerintah daerah dan kita juga disegani organisasi lainnya. Maka kita melakukan dengan sungguh-sungguh kami yakin teman-teman yang siap bekerja dan melaksanakan tugas dengan baik,” imbuhnya.

Usai melantik pengurus DPD PPNI Bolmut, Ketua DPW PPNI Sulut Suwandi Luneto mengucapkan selamat bekerja dan maju bersama PPNI Bolmut.

Berkaitan dengan perawat, ia juga menegaskan bahwa sebagaimana yang sering kita dengung-dengungkan yaitu di cintai anggota, sinergi dengan pemerintah dan di segani organisasi lain.

“Kita harus bekerja kolektif kolegial, tidak tergantung pada Ketua saja. Kita yang harus melayani anggota jangan anggota yang melayani kita,” pungkasnya.

Suwandi menambahkan, bahwa pihaknya akan membangun 15 website untuk DPD PPNI dan 1 website untuk DPW PPNI Provinsi Sulut. (Dr)