ASUMSI.ID, Bolmut – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 29 Tahun 2022, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar berbagai kegiatan. Bertempat di Kawasan Wisata Manggrove, Desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur, Rabu (29/6/2022).

Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Bolmut Yani Lasama, SKM, disela-sela kegiatan peringatan Harganas, Rabu (29/06/2022) mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan Harganas 2022 pihaknya menyelenggarakan serangkaian kegiatan.

“Kegiatan Launching Inovasi, Penyerahan Makanan Pangan Lokal, Lomba Penyuluhan KB, Lomba Yel-yel dan lomba Tik Tok,” kata Yani Lasama dalam sambutannya.

Ditambahkannya Yani Inovasi tersebut yaitu, “Inovasi Mari Smokol, Inovasi Karlota, Inovasi Perjaka Pus Ber- KB, Inovasi Peduli Kasi, dan Inovasi Optimalisasi Pengarsipan Dokumen Digital,” sebut Yani.

Peringatan Harganas Tahun 2022 itu mengangkat tema “Ayo cegah Stunting Keluarga bebas Stunting” yang diikuti seluruh keluarga besar Dinas PPKBP3A Kabupaten Bolmut dan (Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Untuk itu, kata Kadis PPKBP3A Bolmut dirinya meminta kepada semua pihak untuk mensukseskan program pemerintah.

“Kepada bapak-ibu di Dinas PPKBPA untuk bisa bersama – sama membangun, bisa memberikan informasi dan untuk bisa melaksanakan program bangga kencana yang insya Allah akan bermanfaat untuk kita semua sehingga pencegahan Stunting itu akan benar-benar optimal.

Sebelumnya Yani Lasama mengungkapkan bahwa Hari ini adalah Hari Keluarga Nasional, dimana seluruh keluarga Indonesia itu merayakannya.

“Kegiatan kita saat ini walaupun sangat sederhana dan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi terkait program ataupun Kegiatan, baik itu kita laksanakan di Kecamatan maupun di tingkat Desa,” pungkasnya.

Terakhir, dalam momentum Harganas pihaknya berharap kepada masyarakat untuk sadar, bagaimana generasi-generasi yang akan datang itu menjadi generasi yang berkualitas.

Sadar agar benar-benar merencanakan apabila putra-putrinya akan melaksanakan kehidupan yang baru pada usia yang cukup, jangan sampai menikah pada usia yang belum cukup.

Turut hadir, Sekretaris Dinas PPKBP3A Kabupaten Bolmut, para Kepala Bidang dan staf Dinas PPKBP3A setempat. (Dolvin)