Peringati Hari Sumpah Pemuda, SDN 1 Boroko Gelar Pawai Pakaian Adat Nusantara

oleh -149 Dilihat

ASUMSI.ID | BOLMUT – Momen peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-49 pada Jumat 28 Oktober 2022, dimanfaatkan SDN 1 Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan Pawai Pakaian Adat Nusantara.

Kepala SDN 1 Boroko Taha Lasimpala saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun.

“Kegiatan ini kami adakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda Ke-94. Kali ini, sekitar 170 siswa-siswi SDN 1 Boroko ikuti pawai dengan memakai pakaian adat Nusantara atau yang ada di Sulawesi Utara,” katanya.

Iring-iringan kendaraan Pawai dari SDN 1 Boroko, melintasi jalan Pelabuhan Boroko.

Menurut Taha, Pawai dengan berpakaian seragam adat ini bertujuan agar para siswa mengerti bhinneka tunggal Ika yang menyatukan rakyat Indonesia.

“Ini kita lakukan untuk menumbuhkan semangat sumpah pemuda sejak dini kepada para siswa-siswi kami dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara mereka,” ungkapnya.

Pawai tersebut digelar dengan menggunakan kendaraan roda empat mengelilingi pusat ibu Kota Boroko dan sekitarnya, yang dikawal patwal Satlantas Polres Bolmut dan Dinas Perhubungan Bolmut.

Juga diikuti para wali murid yang menyaksikan anak-anak mereka mengikuti pawai tersebut.

Taha Lasimpala dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut.

Sementara, Rusmin Nur Mokodompis selaku tokoh pemuda mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SDN 1 Boroko, dihari sumpah pemuda ini, diharapkan menjadi media pembelajaran penanaman rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada siswa sejak dini.

“Dengan peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia mengajarkan kepada siswa untuk tidak lupa dengan sejarah,” pungkasnya. (DR)