Peringati HKN Ke-58, Wabup Bolmut Bacakan Sambutan Menkes RI

oleh -74 Dilihat
Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP

ASUMSI.ID | BOLMUT – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Amin Lasena, menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 58 Tahun 2022.

Peringatan HKN Ke-58 dengan tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku, kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Dinkes Bolmut), Jumat (11/11/2022).

Wabup Bolmut Amin Lasena saat memotong nasi tumpeng disaksikan oleh Sekretaris Dinkes Bolmut Kalsum Mandjurungi.

Dalam sambutan tertulis Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) yang dibacakan oleh Wabup Bolmut.

Menyebutkan, Bangsa Indonesia dapat kembali memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di tahun 2022 ini. Lima puluh delapan tahun bukanlah usia yang singkat, banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, khususnya saat kita menghadapi pandemi COVID-19.

Kendala dan tantangan dalam penyediaan pelayanan kesehatan menguji Sistem Kesehatan Indonesia yang ternyata tidak siap menghadapi pandemi saat itu.

Namun dengan kolabolasi professional segala sektor, pandemi ini hampir kita lalui. Saat ini bersama dengan negara-negara lain, Indonesia sedang meningkatkan kapasitas global untuk pencegahan, persiapan dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang.

Saat ini kita menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi. Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi COVID-19, salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktifitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang.

Belajar dari sejarah pandemi yang terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Dan hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap.

Wabup dan Wakapolres Bolmut, Sekretaris Dinkes bersama para unsur undangan pada acara puncak HKN Ke-58 tingkat Kabupaten Bolmut, di Boroko, Jumat (11/11/2022).

Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh.

Saya berharap rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, membuat generasi kita ke depan menjadi SDM yang berkualitas untuk daerah dan bangsa negara.

Pada kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran
kesehatan, lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini.

Dalam melaksanakan pembangunan kesehatan, perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk menjalani masa endemi dengan bijak serta mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat.

Diakhir acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah, diketahui sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan dan lomba dalam menyambut HKN Ke-58, tepatnya 12 November 2022.

Turut Hadir, Wakapolres Bolmut Kompol Samuel Kayangan, Sekretaris Dinkes Bolmut Kalsum Mandjurungi, unsur Pengadilan Agama Boroko, Kemenag Bolmut, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda Bolmut, Staf Khusus Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Puskesmas, dan PSC 119 Bolmut serta Pimpinan Cabang Bank Sulutgo Boroko, dan BRI Unit Boroko. (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.