ASUMSI.ID | BOLMUTNelayan Yang Ingin Beli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dan Pertlite di Pertamina Harus membawa Rekomendasi Dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Rekomendasi tersebut untuk mempermudah nelayan mendapatkan BBM bersubsidi.

Hal ini disampaikan Kepala DKP Kabupaten Bolmut Jakaria Babay, melalui Kepala Bidang Tangkap DKP Bolmut Iskandar Djenaan menyebutkan aturan baru dari Undang-undang (UU) BPH Migas Nomor 17 Tahun 2019 yang menjadi rujukan pemberian surat rekomendasi untuk pembelian jenis BBM tertentu bagi para nelayan.

Maka, untuk kebutuhan tertentu seperti nelayan, pertanian dan pelayanan umum bisa membeli BBM di pertamina dengan membawa Rekomendasi dari instansi terkait.

“Untuk mendapatkan rekomendasi tersebut, pemilik kapal atau perahu mengajukan permohonan rekomendasi kepada DKP dan itu didukung dengan dokumen kapal, perahu, mesin dan surat keterangan dari Sangadi bahwa mereka betul-betul Nelayan,” ujar Iskandar.

Menurutnya, “Nelayan kita dalam KTP pekerjaannya petani maka didukung dengan surat keterangan Sangadi yang menerangkan bahwa mereka betul-betul nelayan,” tambahnya.

Iskandar menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bolmut berharap semua nelayan bisa memiliki rekomendasi dari DKP Bolmut untuk membeli BBM di pertamina hanya dengan menunjukkan rekomendasi tersebut.

“Targetnya sebanyak nelayan yang ada di Bolmut, asalkan mereka mengusulkan ke DKP atau ke pemerintah kelurahan dan desa,” ujarnya.

Dirinya berpesan, “Jika ditemukan BBM tersebut dijual oleh nelayan maka kami akan memberikan sanksi, mencabut rekomendasinya,” pungkasnya. (Dr)