Ribuan Orang Hadiri Pertemuan Akbar IKPP

oleh -560 Dilihat

ASUMSI.ID | BOLMUT – Ikatan Keluarga Pontoh-Ponto (IKPP) merupakan wadah pemersatu dari kerukunan keluarga Pontoh-Ponto dan yang terkait di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan juga sebagai perhimpunan keluarga di luar Sulut.

Kehadiran ribuan keluarga Pontoh-Ponto dan yang terkait di kediaman Ketua Umum (Ketum) IKPP, Drs. Depri Pontoh-Talibo, yang juga sebagai Bupati Bolmut, di Desa Bolangitang 1, Kecamatan Bolangitang Barat, Sabtu (21/01/2023).

IKPP mengemban amanat menyatukan potensi dan sumber daya keluarga Pontoh-Ponto dan yang terkait baik yang berdomisili di pulau Sulawesi maupun di luar pulau Sulawesi atau di perantauan untuk kemajuan dan kemaslahatan keluarga umumnya serta ikut berperan menjamin kelestarian warisan tradisi, budaya dan identitas keluarga.

Lintasan sejarah kerajaan di pulau Sulawesi antara lain Kerajaan Kaidipang Besar dan Kerajaan Siau sebagai sebuah kerajaan besar yang sempat dipimpin oleh keturunan keluarga Pontoh-Ponto dan yang terkait dan menyebar ke Minahasa Raya sangat berpengaruh mulai pada abad XIV, menjadi bukti bahwa leluhur kita telah mengukir sejarah besar beberapa abad yang lampau.

“Semangat ini diharapkan tumbuh dan berkembang di kalangan generasi penerus kita. Karena itu IKPP berkewajiban ikut serta menjaga dan memelihara nilai-nilai luhur tersebut.” ujar Depri Pontoh.

Acara reuni IKPP ke-3 dilaksanakan dengan agenda utama berziarah ke makam raja-raja di Bolangitang Raja Suit Togupat, Raja Salmon Pontoh, Raja Daud dan Permainsuri Ratu Nanggio, Raja Israil Pontoh, makam Paduka Raja Ram Suit Pontoh di halaman masjid Al’mutazam. Di Kaidipang Desa Kuala situs makam Katolik Raja Maurizt Datu Binangkal Korompot.

Depri Pontoh sebagai Ketua Umum IKPP setelah menandatangani AD/ART IKPP, setelah itu melantik kepengurusan wilayah kabupaten/kota dari Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, menjelaskan lagi peran IKPP sebagai “Organisasi Kemasyarakatan yang bersifat kekeluargaan dan tidak berafiliasi dengan Partai Politik.”

“Apapun kepentingan kita dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, keluarga adalah segala-galanya” katanya.

Dalam AD/ART IKPP; Tujuan umum IKPP adalah untuk membangun, mengembangkan, mengukuhkan ikatan dalam semangat kekeluargaan untuk peningkatan kesejahteraan, dan kemaslahatan keluarga.

Tujuan khusus IKPP adalah: menghimpun, mengayomi, dan mengupayakan pemberdayaan potensi dan sumber daya keluarga di mana pun berada; ikut mendorong upaya pengembangan, peningkatan kesejahteraan,
dan kemaslahatan keluarga; dan turut memelihara nilai-nilai budaya dan sejarah silsilah keluarga terkait.

“Daftar silsilah keluarga Pontoh-Ponto setelah didata dari setiap wilayah senusantara di tiga wilayah provinsi di sulawesi ada kurang lebih 30 ribuan. Hal ini penting kita susun kembali sampai anak, cucu, cicit,” ungkap Depri Pontoh.

Sekretaris IKPP Novi Pontoh dalam wawancara khusus telah menyadari berhimpunnya kita dalam IKPP ke-3 tahun 2023 penuh dinamika sesama pengurus, terjadi intrik internal namun pada acara ini kita telah saling memaafkan.

“Kita baru mengetahui dan menyadari sepenuhnya pesan leluhur dalam falsafah adat Bolmong Utara untuk tidak saling salah menyalahkan, mudah memaafkan kesalahan sesama kita, tetap menjaga ikatan persaudaraan dengan falsafah “Mopopiana, Mototabiana, Agu Mononandobana” (baku-baku bae, baku-baku sayang, baku-baku ingat),” pungkasnya. (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.