MANADO, Asumsi.id – Mewakili Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sekretaris Daerah (Sekda) dr. Jusnan Calamento Mokoginta, MARS menghadiri acara Rembuk Stunting Tahun 2022, di Hotel Aston Manado, (26/5/2022).

Rembuk Stunting terkait Koordinasi, Konvergensi lintas program/lintas sektor dalam penanggulangan dan pencegahan Stunting di Kabupaten Bolmut.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan rembuk stunting ini merupakan aksi ketiga dari delapan aksi konvergensi penurunan stunting di Kabupaten Bolmut.

Dalam aksi pertama, Pemkab Bolmut telah menentukan desa-desa yang menjadi lokasi khusus (lokus) dalam upaya penanganan stunting tahun 2023.

Jusnan C. Mokoginta mengatakan bahwa Pemkab Bolmut berharap, seluruh peserta rembuk stunting kali ini, khususnya organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar fokus serta mencermati setiap program kegiatan yang nantinya akan dijadikan acuan dalam mendukung intervensi penanganan stunting pada wilayah lokus.

“Kita berusaha mengoptimalkan konvergensi penurunan stunting, peran pemerintah desa juga sangat dibutuhkan, Untuk Kepala Desa saya mengingatkan agar setiap tahun memprogramkan dan mengalokasikan anggaran  dalam anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) untuk kegiatan pencegahan dan penurunan stunting, Sebab kebijakan penggunaan dana desa menjadi motor utama penanggulangan stunting di kabupaten Bolmut,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Dirjen Bina Bangda Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) koordinator regional Sulawesi Utara, Sam Patoro bersama Gino Lateheru sebagai Tenaga Ahli (TA) Regional Sulawesi dari Dirjen Bina bangda Kemendagri.

Pada kegiatan rembuk stunting kali ini juga dilakukan penandatanganan komitmen oleh Ketua DPR, Sekretaris Daerah, Perwakilan Pimpinan OPD, Perwakilan Camat, perwakilan Kepala Puskesmas dan perwakilan Sangadi, Sebagai bentuk dukungan dan komitmen penanganan stunting.

Turut hadir, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra dan Ketua Komisi I Reksosiswoyo Binolombangan, OPD terkait, Para Camat serta perwakilan sangadi. (Dolvin)