ASUMSI.ID, Bolmut – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, membuka secara resmi Kegiatan Sosialisasi/Penyuluhan Kearsipan di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Swasta, bertempat di RM. Laviesta Desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang, Selasa (28/6/2022).

Sekda Bolmut mewakili Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh mewakili menyampaikan, bahwa arsip merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun Birokrasi.

“Sebagai rekaman informasi dari seluruh aktivitas, arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksistensi dan untuk kepentingan organisasi ataupun birokrasi,” kata Jusnan.

Jusnan menjelaskan, arsip menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung proses kerja administrasi dan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dari birokrasi.

Ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan yaitu pengelolaan kearsipan yang efektif, pelaksanaan sistem yang telah ditetapkan secara berdaya guna dan berhasil, serta evaluasi terus menerus terhadap pelaksanaan sistem itu sendiri.

Dengan harapan agar terciptanya peningkatan arsip di masing-masing organisasi perangkat daerah. Saya berharap kedepannya kepada seluruh perangkat daerah agar lebih sadar akan pentingnya tertib arsip administrasi.

Lanjutnya, kepada peserta sosialisasi dapat memahami fungsi dan peranan maupun sangsi dalam pengelolaan arsip dalam sebuah pemerintahan, yang diharapkan dapat menciptakan SDM aparatur yang bermutu dan bermartabat, meningkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat, serta mewujudkan pelayanan yang baik.

Turut Hadir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Arsiparis Ahli Madya Provinsi Sulut Ibu Ir. Helly R. N. C. Tamp. Bersama Tim, Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Bolmut Ibu Dra. Ena Meti Humokor, dan Peserta. (Dr)