ASUMSI.ID | ManadoPenjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut), Praseno Hadi membuka kegiatan tes wawancara seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) Sekdaprov Sulut, di Manado, Selasa (6/9/2022).

Pada kesempatan itu, Praseno Hadi mengharapkan agar para peserta, siapapun yang nantinya terpilih, dapat mengeluarkan seluruh potensi, kemampuan dan ide-ide brilian yang dapat disumbangsihkan bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw.

“Mereka ini adalah best of the best ASN di jajaran Pemprov Sulut. Semoga yang nantinya terpilih mampu dengan baik menjalankan visi-misi ODSK dan bisa menjembatani seluruh stakeholder terkait,” ujar Praseno.

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Seleksi Terbuka JPTM Sekdaprov Sulut, menyampaikan bahwa dalam kegiatan yang merupakan tahapan akhir seleksi terbuka tersebut, para peserta yang seluruhnya berjumlah 5 (lima) orang mampu menjawab dengan baik pertanyaan yang diberikan oleh Pansel.

Ia mengungkapkan, hasil tes wawancara yang sesuai rencana akan diumumkan pekan ini bakal ada 3 (tiga) nama calon yang akan dikirim Pansel kepada Gubernur, untuk nantinya diteruskan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kemendagri.

“Ketiga nama ini tentunya merupakan peserta yang dinilai unggul secara keseluruhan di semua tahapan seleksi,” ujar Agus Fatoni, usai pleno seleksi.

Dirinya juga mengatakan, Pansel ingin melihat kapasitas, kompetensi, serta pemahaman yang mendalam dari para peserta calon Sekdaprov Sulut.

“Inovasi dan gagasan menjadi diskusi mendalam kita untuk mengetahui kemampuan calon Sekdaprov Sulut. Karena selain dua hal tersebut, kita juga melihat kedalaman wawasan,” jelasnya.

Ia membeberkan, kelima calon yang semuanya merupakan pejabat di lingkungan Pemprov Sulut tersebut mampu menunjukan kemampuan dan kapasitas sebagai SDM yang berkualitas.

“Kelima calon layak menjabat Sekdaprov, karena semuanya bagus dan punya peluang,” pungkasnya.

Adapun kelima peserta seleksi calon Sekdaprov Sulut yaitu:
1. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Daerah Sulut Steve Kepel;
2. Kepala Dinas Kesehatan Sulut Debie Kalalo;
3. Kepala Dinas Perhubungan Sulut Izak Rey;
4. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulut Fransiscus Manumpil; dan
5. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sulut Sulut Fery Sangian.

Hadir dalam kegiatan tersebut para anggota pansel yaitu Rektor Unsrat Ellen Kumaat, Rektor Unima Deitje Katuuk dan Rektor Universitas Kristen De’la Salle Johanis Ohoitimur. Turut pula secara virtual, Wakil Ketua Pansel Irjen Kementerian Pertanian Jan Maringka. (*)