ASUMSI.ID | Bolmut – Sangadi Inomunga Sidin Datuela Resmi melantik Pengurus Karang Taruna Desa Inomunga masa bakti 2022-2027, bertempat di Kantor Desa Inomunga, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Rabu (3/8/2022).

Dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Kaidipang Dolvin Rivai, SAP, Sekretaris TP PKK Kecamatan Kaidipang Enda Patadjenu, Ketua BPD Desa Inomunga Moh. Nawir Papeo, S.Pd, dan Ketua TP PKK Desa Inomunga Lily Datukramat.

Sangadi Inomunga Sidin Datuela dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada pengurus karang taruna yang baru di lantik dan dikukuhkan, serta turut mengapresiasi antusias para anak-anak muda yang ikut bergabung dalam wadah karang taruna Desa Inomunga masa bakti 2022-2027.

“Saya berharap agar kedepannya karang taruna bisa lebih aktif dan selalu bersinergi dengan Pemerintah Desa untuk Desa Inomunga yang lebih maju,” katanya

“Sebagai Sangadi tentunya saya akan selalu mendukung dan mensupport dari setiap program yang nanti akan di buat oleh karang taruna, sepanjang itu untuk kesejahteraan sosial masyarakat,” tambahnya.

Tak hanya itu, Sidin mengharapkan Karang Taruna juga menjalin kolaborasi yang baik untuk sama-sama memajukan, dan mensejahterakan masyarakat desa.

“Saya berharap pula dengan dukungan anggaran melalui APBDes, adik-adik dapat mengembangkan minat dan bakat sesuai potensi yang ada. Mari kita bangun bersama desa yang kita cintai ini agar lebih maju kedepan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Kecamatan Kaidipang Dolvin Rivai mengungkapkan, sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna bahwa Karang Taruna itu lahir atas dasar kesukarelaan demi kemajuan bersama. Untuk itu, pengurus karang taruna harus mampu menghidupkan organisasi dan bukan hidup dalam Organisasi.

“Kita tahu bersama bahwa Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah Desa Inomunga,” tegasnya.

Disisi lain, kata Dolvin, suatu desa bisa dikatakan maju apabila pemuda di desa tersebut diberdayakan. Dengan adanya organisasi Karang Taruna ini merupakan wadah bagi para pemuda untuk berperan aktif guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat terutama generasi pemuda itu sendiri.

“Saat ini desa Inomunga sudah tiga kali berganti kepengurusan melalui temu karya sejak 2016. Itu artinya Karang Taruna di desa Inomunga aktif dan semoga kedepannya kepengurusan yang baru dilantik ini lewat kepempimpinan saudara Majid Datuela bisa menumbuhkan suatu usaha yang bisa meningkatkan pendapatan bagi kesejahteraan anggota,” ujarnya.

Sementara itu Nurcholis Majid Datuela, S.Pd selaku Ketua Karang Taruna Alfa Desa Inomunga masa bakti 2022-2027 yang baru dilantik menyatakan kesiapannya untuk membesarkan Organisasi dengan harapan dukungan maksimal dari seluruh anggota utamanya dari Pemerintah, karena Tampa dukungan dari semua pihak, organisasi ini tidak akan membawa arti apa apa tandas Majid penuh harap.

Ditempat yang sama pula, Sekretaris TP PKK Kecamatan Kaidipang Enda Patadjenu memberikan edukasi bagi generasi muda di Desa Inomunga untuk terus berinovasi, berkreasi dan menciptakan lingkungan pergaulan yang baik di setiap desa.

Selain itu, disampaikannya penting baginya untuk mengingatkan dan berbagi pengalaman kepada anggota Karang Taruna terutama yang belum berumah tangga untuk tidak terjerat pada pernikahan dini apalagi sampai terjadi kekerasan seksual.

“Pada intinya, lakukan hal-hal yang positif bagi mengembangkan diri dan saling mengingatkan,” pungkasnya. (*)