ASUMSI.ID, Bolmut – Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Uteng Datunsolang S.Pd, M.Si, menyerahkan Piagam Penghargaan Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2021 kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Bolmut Yani Lasama, SKM, yang berlangsung pada apel rutin ASN lingkup Pemkab Bolmut, di Halaman Kantor Bupati, Senin (11/7/2022).

Piagam Penghargaan tersebut, sebelumnya telah diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Koordinator Substansi Kesehatan Dit. Singkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III, Arifin Efendi Hutagalung, SE, MM, di Hotel Gammara Makasar, Sulawesi Selatan, Kamis, 7 Juli 2022 lalu.

Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan Pemerintah Pusat atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bolmut yang mampu menekan angka prevalensi Stunting tahun 2021 turun menjadi 1,61 persen.

Sehingga, Pemkab Bolmut meraih Kabupaten terbaik peringkat I se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PPKBP3A Yani Lasama, mengungkapkan bahwa masih banyak tugas yang harus diselesaikan termasuk delapan fungsi keluarga yang memuat tentang fungsi agama, sosial, pendidikan, lingkungan juga kesehatan reproduksi.

“Stunting juga sudah termasuk bagian dari Dinas PPKBP3A yang diatur dalam Perpres Nomor 72 tahun 2021, dan sebagai ketua pelaksana adalah Kepala BKKBN RI,” jelasnya.

Turut hadir, Sekda Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, para Asisten, para Pimpinan OPD, Ketua Pengadilan Agama bersama jajaran dan seluruh ASN di lingkup Pemkab Bolmut. (Dr)