Tiga kali Akun Sosmed Herry Supriyanto Diretas, Waspada Model Penipuan

oleh -416 Dilihat
Screenshot

SIDOARJO, Asumsi.id – Herry Supriyanto merupakan seorang trainer sekaligus “Mantan” kepala sekolah menceritakan kejadian maraknya penipuan mengatasnamakan dirinya.

Ia sampakan saat sedang bersantai di kamar kerjanya, tiba – tiba terdapat notifikasi pesan WhatsApp masuk dari beberapa temanya yang mengkonfirmasi bahwa ada nomor tidak dikenal menggunakan fotonya saat sedang chat kepada mereka.

“Waspada upaya penipuan mengatasnamakan nama saya di sosial media (Sosmed). Press release ini disampaikan kepada semuanya, agar berhati – hati di sosial media, baik WA maupun FB, Instagram, Tiktok,” ucapnya kepada wartawan Andre Hariyanto.

Sementara itu, dalam kejadian ini, Mereka tidak percaya dan langsung mengklarifikasi melalui pesan WhatsApp dan telepon langsung. Herry Supriyanto sampaikan bahwa nomor yang ada di screenshot itu bukan nomor saya dan mohon segera dilaporkan atau di blokir.

“Ini merupakan kejadian ketiga kalinya foto saya dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan dijadikan foto profil media sosial orang tersebut untuk melakukan penipuan. Ada yang minta pulsa, minta transfer, untung nggak minta kue hehehe,” jelas Ustadz Herry Supriyanto selaku korban dalam hal ini sebagaimana keterangannya kepada redaksi, Minggu (10/12/2023).

Beberapa teman ada kena jebak, masih kata Herry Supriyanto yang juga aktif sebagai salah satu ASN di Kabupaten Sidoarjo, dikatakannya langsung percaya saja tanpa konfirmasi dulu dan transfer uang ke oknum tersebut.

Masih kata Herry Supriyanto yang sekarang aktif sebagai salah satu *ASN di Kabupaten Sidoarjo*

“Di media sosial Facebook (FB) lebih parah lagi. Sebelum mengenal pengamanan verifikasi 2 faktor, FB saya sekitar tahun 2010 pernah diretas oleh orang selama 3 bulan sebelum akhirnya pulih kembali. Selama 3 bulan itu teman teman saya dikirim pesan inbox dimintai uang,” terang mantan Manajer Humas dan mantan Sekretaris Rektor ini.

Lanjut tahun 2019 dalam perjalanan pulang dari umroh, FB Herry Supriyanto diduplikat, fotonya oleh orang yang tidak bertanggung jawab dibuat akun baru dan kembali lagi digunakan untuk kirim pesan inbox ke teman – temannya, ada beberapa yang telah tertipu dengan kirim uang dianggap masih di tanah suci.

Berikutnya dokumentasi beberapa kali WhatsApp saya di duplikat, foto saya diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab dipasang menjadi foto profil pada nomor yang bukan nomor saya, dan digunakan oleh oknum untuk kirimu pesan kepada teman teman saya dengan isi pesan klasik, minta pulsa, uang dan lainnya.

“Meskipun akun media sosial kita sudah kita pasang pengaman verifikasi 2 faktor, namun oknum penipu masih bisa mencuri foto foto kita,”

Pesan Herry Supriyanto kepada semuanya, mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap maraknya penipuan dan kejahatan digital, baik melalui modus aplikasi undangan, aplikasi pemilu, iming – iming hadiah give away, maupun duplikasi foto foto kita. Segera laporkan dan diblokir saja.

“Semoga kita dijaga Allah SWT dan dijauhkan dari kejahatan makhluk makhluknya.Terima kasih,” tutupnya. (*/Mas Andre)

No More Posts Available.

No more pages to load.