TP PKK Bolmut Dampingi Pokja IV TP PKK Provinsi Sulut Memantau Pilot Project Desa Gagah

oleh -366 Dilihat

Asumsi.id – Ketua Kelompok Kerja (Pokja) IV TP PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Ening Adam, SST, mendampingi Ketua Pokja IV TP PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr. Jeanet Nety Siby, bertempat di Kantor Desa Kuhanga Kecamatan Bintauna pada hari Selasa (1/8/2023).

Kegiatan itu dalam rangka memberikan pembinaan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program pilot project Desa Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah).

Pada kesempatan itu, mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Ening Adam selaku Ketua Pokja IV TP PKK Bolmut menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Pokja IV Provinsi Sulut bersama jajarannya di Kabupaten Bolmut.

Ening pun menyampaikan bahwa Desa Kuhanga adaah salah satu desa di Kabupaten Bolmut yang telah dipilih sebagai desa pilot project Desa Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah).

Dalam rangka percepatan penanganan Stunting, peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan upaya menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sementara, Ketua Pokja IV Provinsi Sulut Jeanet Nety Siby, menjelaskan Pilot project dalam percepatan penanganan Stunting, peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan upaya menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masa  Covid-19 adalah salah satu dari 9 pilot projek Program Unggulan Bidang Kesehatan TP PKK Pusat.

TP PKK

Termasuk beberapa pilot lainnya terkait Lingkungan dan perencanaan sehat untuk keluarga berkualitas yang terintegrasi dalam Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana tahun 2021-2024.

Dengan tujuan untuk menggerakkan dan mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dengan kualitas lingkungan yang baik dan perencanaan berkualitas.

Lebih lanjut, dr. Jeanet mengatakan dalam pelaksanaan program tersebut tidak akan berjalan dengan baik bila kader PKK di daerah tidak aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga di desa dan kelurahan.

Namun, TP-PKK memerlukan dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah hingga desa dan kelurahan untuk mencapai target keberhasilan.

“Pembentukan pilot project tingkat desa dan kelurahan khususnya di Kabupaten Bolmut ini melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat. Apalagi ini merupakan program yang di gagas dengan tujuan mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui Pilot Projek bidang kesehatan dan perencanaan yang sehat,” ucapnya.

Ketua Pokja IV Provinsi Sulut menegaskan bahwa program kegiatan PKK tidak akan berjalan dengan maksimal, jika seluruh kader tidak berpartisipasi aktif.

“Dengan adanya pilot project ini, harapannya akan terjadi peningkatan kesehatan keluarga, peningkatan kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah tangga dan peningkatan perencanaan sehat untuk keluarga berkualitas,” imbuhnya. **

No More Posts Available.

No more pages to load.