ASUMSI.ID, Manado – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, hadiri Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) dilaksanakan oleh BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Bupati/Walikota Se-Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Jumat (15/7/2022).

Pada Kesempatan itu, Kabupaten Bolmut mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kepala BP2MI RI Benny Ramdhani, yang telah mengalokasikan Anggaran Kepelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Kerja bagi calon pekerja Migran Indonesia, dan Piagam Penghargaan ini diterima langsung oleh Wabup Bolmut Amin Lasena.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pekerja migran Indonesia harus dilindungi dari perdagangan manusia, perbudakan dan kerja paksa, serta harus dilindungi agar tidak terjadi korban kekerasan, kesewenang-wenangan, dan perlakuan lain yang melanggar hak asasi manusia.

Melihat strateginya Rakortas ini, Olly Dondokambey berharap kegiatan ini dapat kita ikuti dengan baik dan sukseskan bersama, serta mampu kita manfaatkan untuk menumbuhkan semangat kerja sama kita dalam penguatan tata kelola dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Sementara, Kepala BP2MI RI Benny Ramdhani mengungkapkan atas perintah Presiden RI, PMI benar-benar mendapatkan perlakuan Hormat dari Negara.

Di beberapa Bandara telah dibuatkan ruangan khusus bagi pekerja migran Indonesia untuk beristirahat, setibanya di Indonesia melalui pemeriksaan Migrasi PMI mempunyai jalur khusus (Fast Track) atau jalurĀ  khusus Spesial untuk para PMI, para PMI ini juga mendapatkan Kridensial (Surat Kepercayaan Negara), yang akan dibawa kemana saja tempat PMI Bekerja, sebagai bukti/tanda bahwa PMI telah Resmi untuk bekerja diluar Negeri.

Benny Ramdhani juga mengataka, bagi para calon PMI sekarang Negara telah Menyediakan Pinjaman yang di cicil setiap bulannya dengan bunga yang sangat rendah, untuk membantu biaya pengurusan Fiskal dan lain-lain.

Pinjaman tersebut bisa langsung diajukan ke Bank-bank Pemerintah Tanpa Agunan, dengan cara memenuhi segala persyaratan yang telah ditetapkan bagi calon PMI, dan Untuk Tempat Pelatihan Calon PMI di wilayah Timur Indonesia dilaksanakan di Sulut.

Turut hadir, Para Pejabat Tinggi Jajanan BP2MI, Forkopimda Sulawesi Utara, Bupati/Walikota Se-Provinsi Sulawesi Utara, PJ. Sekretaris Provinsi, Para Pimpinan Instansi Vertikal / Perbankan, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Utara dan undangan lainnya. (*)

Sumber: Rilis Prokopimda Setda Bolmut