Waspada Wabah PKM, Polisi Berikan Himbauan Pemilik Kandang Ternak

oleh -95 Dilihat

ASUMSI.ID, Bolmut – Waspada wabah PMK hewan ternak, Anggota Polsek Pinogaluman Polres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melakukan giat pengecekan ke kandang ternak milik warga di Desa Tuntulow Utara Kecamatan Pinogaluman, Kamis (28/7/2022).

Pejabat sementara (PS) Kanit Binpolmas AIPDA Asnan Mokodompis mengatakan, Sebagai langkah awal pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, pihaknya bersama Kepala Desa, Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara, dan Bidang Peternakan Kabupaten Bolmut melakukan pengecekan ke kandang Peternak tersebut.

“Pengecekan ini sebagai langkah awal untuk meminimalisasi penyebaran PMK yang saat ini tengah mewabah di beberapa daerah,” kata Asnan.

Ia juga menghimbau agar para peternak hewan seperti Sapi, Kambing dan lain-lain selalu menjaga Kebersihan Kandang, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan maupun Dinas Pertanian guna mencegah PMK.

“Sampai saat ini untuk wilayah Kecamatan Pinogaluman dari tiga kandang sapi belum terdapat penyakit kukuh dan mulut (PMK),” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bolmut AKBP Areis Aminnulla, SIK melalui Kapolsek IPTU Jusni Indrawan Mamonto menambahkan dalam kegiatan tersebut pihaknya mengedukasi dan mengimbau kepada warga pemilik kandang ternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang.

“Selain itu hewan ternak juga harus rutin dicek kesehatan secara berkala, selanjutnya rutin mengecek kebersihan kandang dan tidak lupa memberikan vitamin pada hewan ternak,” ucapnya

Dia berharap dengan langkah yang dilakukan jajaran Polsek Pinogaluman Polres Bolmut, hewan ternak di wilayah Pinogaluman bisa terhindar dari wabah PMK tersebut. (Dr)

No More Posts Available.

No more pages to load.