Tentang Kami

PROFIL MEDIA ASUMSI.ID

Asumsi.id adalah portal berita media siber, dengan tagline “Bukan Sekedar Asumsi” yang bernaung pada PT. Karunia Media Kreatif. Redaksi asumsi.id berbasis di Bolmong Utara-SULUT.

Sejarah Berdirinya Media Asumsi.id

Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau dikenal Covid-19, dimana era ini telah banyak menimbulkan berbagai dampak dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya bagi kesehatan, tapi juga berdampak pada masalah kemanusiaan, sosial, dan ekonomi.

Seiring dengan itu, keterlibatan media sangat berpengaruh terhadap dunia informasi dan komunikasi. Bahkan Peran jurnalis pun sangat menjadi ujung tombak  di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Berdasarkan alasan itulah, Portal Media Siber Asumsi.id dengan tagline “Bukan Sekedar Asumsi” yang didirikan pada tanggal 25 Desember 2021. Media ini berkedudukan di Jln. Durian, Desa Inomunga, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Teks yang ditulis dalam media Asumsi.id akan di kolaborasi dengan foto dan video pendukung. Kami berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam meliput peristiwa yang terjadi di daerah hingga nasional. Selain hadir di layar komputer pribadi anda, media ini bisa diakses melalui telepon seluler dengan menggunakan saluran internet. Kami menjadikan ASUMSI.ID bagian dari upaya mencerdaskan bangsa melalui jurnalisme cerdas, tajam, berimbang dan menghibur.

Visi:
Media Asumsi.id ikut mencerdaskan bangsa melalui sajian informasi aktual, menarik dan bermanfaat”.

Misi:
Terwujudnya media Asumsi.id menyajikan informasi yang aktual, akurat, menarik, dan ikut menciptakan masyarakat cerdas dengan memanfaatkan teknologi serta mengedepankan kaidah jurnalisme yang berdasarkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kebijakan Pemberitaan

Berita adalah peristiwa atau kejadian yang aktual, menarik, dan bermanfaat bagi pembacanya.

  • Aktual: Berita yang tersaji merupakan peristiwa yang baru saja terjadi, masih menjadi pembicaraan di masyarakat, belum disela media online serupa, menyangkut kepentingan masyarakat luas.
  • Menarik: Materi yang dipublikasi mengandung unsur luar biasa baik peristiwa maupun dampaknya, mengandung unsur pertentangan, human interes atau sisi-sisi kemanusiaan, kedekatan suatu peristiwa dengan pembaca atau audience.
  • Bermanfaat: Sebelum sebuah berita atau laporan diturunkan/dipublikasikan, redaksi senantiasa harus bertanya pada dirinya manfaat apa yang diperoleh pembaca atas tulisan yang disajikan.

Arah Media           

Situs Media Asumsi.id merupakan digitalisasi dari sebuah konsep pemahaman dari perkembangan zaman mengenai teknologi dan sains. Sebagai media siber yang dapat dijadikan referensi bagi masyarakat, utamanya berkaitan masalah-masalah sosial budaya, ekonomi, politik, hukum, keamanan, olahraga.

Media Asumsi.id juga dapat bekerja sama dengan pihak ketiga, diharapkan media ini juga menghasilkan keuntungan finansial lewat pemasangan iklan/Advetorial maupun sponsorship.

Media Asumsi.id hadir untuk anda dalam upaya melengkapi informasi secara cepat, akurat, berimbang dan terpercaya mengenai perkembangan pemerintahan serta masalah sosial lainnya di masyarakat.

Dengan keberadaan PERS yang merupakan pilar ke empat Demokrasi, kami mengajak seluruh anak bangsa, khususnya pemimpin bangsa, pemimpin daerah, Lembaga Pemerintahan, Penegak Hukum, Para Praktisi, Akademisi, Aktivis, Para Profesional untuk berbagi pemikiran dan wawasan guna mensuport yang lebih baik lagi dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih Good government.

Diharapkan seiring berkembangnya media Asumsi.id kedepan dapat membuka peluang kerja sebagai profesi jurnalis bagi pengangguran terbuka baik yang berada diwilayah Sulawesi Utara ataupun daerah lain di Indonesia.

Jurnalis

Setiap Jurnalis asumsi.id adalah individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No. 40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, jurnalis asumsi.id sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Etos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tata bahasa.

Pendiri,

Dolvin Rivai, S.A.P.