HeadlineBeritaSosial

KPU Bolmut Gelar Bimtek Tungsura serta Kenalkan Sirekap

210
×

KPU Bolmut Gelar Bimtek Tungsura serta Kenalkan Sirekap

Sebarkan artikel ini

BOLMUT, Asumsi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Bimbingan teknis (Bimtek)  Pemungutan,penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara (Tungsura) serta pengenalan pengunaan aplikasi Sistem Informasi rekapitulasi (Sirekap) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Bolmut.

Bimtek yang dilaksanakan di Boroko Convention Center (BCC),Kecamatan Kaidipang,Jumat (22/12/2023) ini diikuti 321 PPS yang tersebar di 106 Desa dan 1 Kelurahan.

Bimtek ini dibuka secara resmi Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Bolmut, Nur Afri Ramadan L Usman didampingi Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Mernie Linda Wungkana, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Ben Henzer Enok, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih, Parmas dan SDM) Firman Sy Stion serta dihadiri Sekretaris KPU Bolmut Chylvia Chendy Sondakh bersama jajaran.

Afri dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Bimtek ini bertujuan untuk penguatan kapasitas badan adhoc dalam mensukseskan Pemilu 2024.

Dia berharap peserta dapat mengikuti Bimtek secara serius. “Karena banyak materi penting yang nantinya akan disajikan dalam Bimtek ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, Bimtek ini akan berlangsung selama dua hari. “Hari ini dan besok,”katanya.

Bimtek diawali dengan penyampaian materi dari Kapolres Bolmut AKBP Juleigtin Siahaan, SIK., MIK., yang diwakili oleh Kasat Intel Polres Bolmut IPTU Jusni Indrawan Mamonto.

Dalam paparan Kasat Intel IPTU Jusni menyebutkan sejumlah potensi kerawanan tahapan Pemilu mendatang. Diantaranya kampanye diluar jadwal, penyeberan berita hoax, politik uang hingga intimidasi kepada pemilih.

Daftar pemilih tetap wilayah hukum Polres Bolmut dalam Pemilu 2024, yakni 63.161 pemilih yang terdiri dari laki-laki 32.089 dan perempuan 31.072. Terdapat di enam wilayah Kecamatan, dan 106 Desa dan 1 Kelurahan.

Kecamatan Sangkub (16 Desa), Bintauna (15 Desa+1 Kelurahan), Bolangitang Timur (20 desa), Bolangitang Barat (18 desa), Kaidipang (15 desa), dan Pinogaluman (22 desa).

Ia juga mengungkapkan Kabupaten Bolmut terdapat 277 TPS dan pihaknya mengklasifikasikan berdasarkan tingkat kerawanan. Dri total TPS tersebut sebanyak 135 TPS kurang rawan, 133 rawan dan 5 TPS sangat rawan.

Untuk itu IPTU Jusni mengharapkan netralitas dari penyelenggara Pemilu. (*/Dolvin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)