AKHLAK PNS Rendah! Menteri PANRB: Sebagian Enggak Mau Berubah

oleh -252 Dilihat
Ilustrasi

ASUMSI.ID | JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menginginkan ada perubahan dalam birokrasi pemerintah. Terutama pada budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa 31 Januari 2023, hasil survei indeks core value AKHLAK di kalangan ASN masih rendah, yakni secara nasional skornya berada di level 60,9%.

Jadi kita ini melakukan survei yang jumlahnya sangat besar. Kita ingin memotret,” ungkap Anas dalam acara Penutupan ASN Culture Fest 2023, dikutip Jumat (27/1/2023).

“Tentu soal adaptasi di ASN ini sudah kita duga, karena sebagian kita ada di zona nyaman. ASN sebagian kan enggak mau berubah,” paparnya.

Pemerintah mendorong ASN agar selalu meningkatkan AKHLAK untuk mendorong percepatan reformasi birokrasi sehingga bergerak untuk memberikan dampak nyata pada pelayanan masyarakat Indonesia.

Sehingga perubahannya tidak hanya sebatas pada organisasinya saja namun berdampak luas kepada masyarakat Indonesia.

“Kita dorong terus untuk berubah, maka kita paksa dalam bentuk budaya kerja baru, core value yang baru, ber-AKHLAK,” ujar Anas.

Dengan demikian masyarakat akan terpuaskan oleh layanan dari pemerintah.

“Ini harus berdampak. Jangan cuman melayani tapi berdampak. Jadi budaya kerjanya kita dorong dengan core value baru, kemudian target kinerjanya kita dorong yang berdampak,” pungkasnya. *

No More Posts Available.

No more pages to load.