HeadlineBeritaPemerintahan

Bolmut Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan Kategori Madya

216
×

Bolmut Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan Kategori Madya

Sebarkan artikel ini

BOLMUT, Asumsi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI).

Penghargaan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil evaluasi penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) tahun 2022 yang telah disampaikan oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota.

Pengumuman diikuti secara Daring di Ruang Rapat Kantor Bupati Bolmut dan langsung dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, yang didampingi Sekda Jusnan C Mokoginta, Asisten Bidang Administrasi Umum Uteng Datunsolang, Kadis PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama dan unsur lainnya.

Menteri PPPA RI Bintang Puspayoga dalam sambutannya Mengatakan, apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Kementerian Lembaga, Pemerintah daerah dan seluruh pihak yang telah menerapkan strategi pengarusutamaan gender dan melindungi hak perempuan di wilayah masing masing.

Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PPPA sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

“Sesuai dengan Inpres No. 9/2000 implementasi Pengarusutamaan Gender mulai dilaksanakan. Implementasi ini diharapkan membuat kesetaraan gender sehingga bisa Inovatif dan adaptif untuk menuju masyarakat sejahtera dan adil,” kata Bintang.

Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena bersyukur, Pemkab Bolmut berhasil meraih penghargaan dalam Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya tahun ini. Menurutnya, penghargaan tersebut diraih berkat kerja keras dan komitmen semua pihak dalam mendukung kesetaraan gender di Kabupaten Bolmut.

“Terima kasih atas upaya yang di lakukan oleh OPD dan stakeholder dalam rangka merancang program dan kegiatan dengan memperhatikan kesetaraan gender, tahun ini Bolmut naik peringkat ke kategori Madya, semoga kedepan akan lebih baik lagi,” kata Sirajudin, pada media ini.

Untuk diketahui, pada tahun 2023 ini terdapat 360 instansi (16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi dan 316 Kabupaten/Kota) yang telah melaporkan hasil evaluasi penyelenggaraan PUG melalui evaluasi mandiri.

Dari hasil evaluasi mandiri dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan verifikasi akhir. Hasil verifikasi akhir terdapat 12 Kementerian/Lembaga, 12 Provinsi dan 237 Kabupaten/Kota yang menerima Penghargaan Parahita Ekapraya tahun 2023. (Dolvin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)