Kadis PPKBPPPA Bolmut Membuka Pembentukan FAD Periode 2023-2025

oleh -380 Dilihat

Asumsi.id – Pemilihan Pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bolaang Mongondw Utara (Bolmut), periode 2023-2025 dibuka oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berkualitas dan Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Bolmut Yani Lasama, di Kantor PPKBPPPA setempat, di Boroko, pada Senin (19/6/2023).

Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama, SKM dalam sambutannya menyampaikan, dalam pembentukan FAD merupakan bukti bahwa anak memiliki peranan penting dalam pembangunan.

Lebih lanjut, Yani Lasama mengatakan Forum anak dapat dikategorikan sebagai pelopor dan pelapor. Partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan pada hakikatnya mengangkat sudut pandang anak sebagai subjek / pelaku pembangunan.

“Pembentukan FAD merupakan salah satu indikator terwujudnya Kabupaten/Kita layak anak seperti yang tercantum dalam UU nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” ungkapnya.

Pembentukan FAD Kabupaten Bolmut periode 2023-2025 ini, kata Yani, Pemilihan pengurus forum anak didasarkan pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 11 tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Saat ini lanjut Yani, Forum Anak sudah tersebar mulai dari jenjang Desa/Kelurahan, Kecamatan di Kabupaten Bolmut.

Dalam pembentukan FAD Bolmut, Yani menyebutkan bahwa Pemilihan pengurus forum anak didasarkan pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 11 tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Kadis PPKBPPPA Bolmut juga menyampaikan apresiasi terhadap anak-anak di Bolmut lebih khusus bagi anak-anak yang terlibat langsung dalam forum anak daerah.

“Saya berharap pemilihan pengurus Forum Anak Daerah periode 2023-2025 ini dapat berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Adapun hasil yang diharapkan dari forum anak adalah:

– Anak mampu mengenal karakter pribadinya, menemukan kekuatan dan kelebihan diri serta mengembangkan konsep diri yang positif
– Anak mampu mengeluarkan talenta yang ada dalam dirinya
– Anak memiliki keberanian dan berbagai pengalaman
– Anak dapat memahami persamaan dan perbedaan yang ada
– Anak bisa memahami prinsip-prinsip, hak dan perlindungan anak
– Forum anak mampu menjadi fasilitator dan moderator terhadap perkembangan dan perilaku anak.

Turut hadir, Sekretaris Dinas PPKBPPPA Bolmut Haris Bangko, SH, jajaran Dinas PPKBPPPA Bolmut, pengurus FAD periode 2020-2023 serta Forum Anak Kecamatan dan Desa. (Dolvin Rivai)

No More Posts Available.

No more pages to load.