Komisi I DPRD Bolmong Utara Soroti Pengelolaan BUMDes Belum Maksimal

oleh -390 Dilihat

ASUMSI.ID | BOLMONG UTARAKomisi I DPRD Bolmong Utara sangat menyesalkan Banyaknya Anggaran BUMdes yang hingga kini masih mengendap di perbankkan.

Hal itu terungkap saat Komisi I melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan sejumlah OPD, Selasa (8/2/2023) diruang kerja Komisi I.

“Memang masih banyak Dana BUMdes yang “diamankan” di Bank. Itu karena masih banyak pemerintah Desa yang hingga kini belum mampu bahkan masih bingung mencari bidang usaha yang akan dilakukan.” ungkap Sekretaris Komisi I Budi S Kohongia.

Untuk itu, Politisi Gerindra ini mendorong dinas terkait untuk memaksimalkan kinerja BUMdes melalui pelatihan-pelatihan guna memantapkan kelembagaan, mengeksekusi rencana bisnis, sampai membuat laporan keuangan yang akuntabel dan sesuai standar.

“Saya berharap dinas PMD dapat menganggarkan pelatihan ataupun diklat-diklat khusus bagi ketua-ketua Bumdes ataupun Kepala Desa,” ujarnya.

“Dengan begitu BUMDes ini dapat menghadirkan manfaat yang maksimal bagi para warga desa. Salah satu cara yang efektif dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat pedesaan bila badan usaha tersebut dikelola dengan baik,” tutupnya.

Sementara itu Kepala DPMD Bolmong Utara La Ode Osnawir Ojayana mengaku hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan data valid terkait besaran dana BUMdes yang kini masih mengendap di Bank.

“Untuk mengatasi hal itu, tahun ini kami memang sedang mempersiapkan pelatihan bagi para pengurus BUMdes,” tuturnya. *

No More Posts Available.

No more pages to load.