Lakukan Penilaian Penurunan Stunting, Tim Pemprov Sulut Kunjungi Kabupaten Bolmut

oleh -299 Dilihat

Asumsi.id – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondw Utara (Bolmut) mengikuti Penilaian Kinerja Konvergensi 8 Aksi Percepatan Penanganan Stunting oleh Tim Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), selama dua hari terhitung mulai tanggal 20-21 Juli 2023.

Kegiatan tersebut merupakan Kunjungan Lapangan tim penilai di Bolmut merupakan tindaklanjut agenda kinerja percepatan penurunan stunting yang sebelumnya yang telah dilaksanakan tahapan wawancara pada tanggal 29-31 Mei 2023 di Hotel Sentra Manado.

Hari Pertama

Tim Penilai Stunting Pemprov Sulut diterima oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Bolmut Dr. Abdul Nazarudin Maloho, bertempat di Aula Bapelitbang, pada Kamis (20/7) yang dihadiri Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bolmut.

TPPS Bolmut

Dalam kesempatan itu, Asisten II mengharapkan arahan dari tim penilai Pemprov Sulut guna meningkatkan kinerja Pemkab Bolmut dalam menurunkan stunting.

“Kami berharap bimbingan dan arahan dari tim penilai verifikasi lapangan. Jika ada hal yang dianggap perlu untuk peningkatan kinerja penurunan stunting ini, kami lakukan upaya perbaikan,” katanya.

Hari Kedua

Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, pada Jum’at (21/7) mengatakan, Pemkab Bolmut menyampaikan baik atas kunjungan lapangan TIm Penilai kinerja Percepatan Penurunan Stunting Pemprov Sulut.

Sekda Bolmut

“Kedatangan tim penilai ini tentu kami menyambut baik karena tim ini akan melihat langsung apa-apa yang sudah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut terkait penanganan stunting,” kata Jusnan.

Selain itu, lanjut Sekda, Pemkab Bolmut melalui TPPS sangat mengharapkan kinerja percepatan penurunan stunting di Bolmut bisa menjadi acuan daerah lain.

“Kami juga sangat welcome, berbagi pengalaman apa saja yang kami telah lakukan dan mungkin bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” ucapnya.

Dikesempatan itu, dr. Agus Stevy Telew mewakili ketua tim Pemprov Sulut menyebutkan kunjungan lapangan ini selain mendengarkan penjelasan TPPS Bolmut, juga melihat langsung lokasi yang ditunjuk untuk dipantau kinerja TPPS Bolmut.

Tim Penilai Stunting

Selain itu, juga ingin mengetahui apa saja yang dilakukan Pemkab Bolmut untuk mengatasi masalah stunting.

“Jadi ini tahap ketiga dari dua tahap yang sudah dilakukan sebelumnya. Tujuannya hanya memverifikasi saja apa yang sudah dinilai termasuk pemaparan di Manado lalu. Kami melihat apa yang sudah dipresentasikan kemarin di Manado itu sama dengan kondisi dilapangan,” katanya.

Lebih lanjut, dr. Stevy menyebutkan  agenda tersebut bukan sekedar perlombaan melainkan untuk menyiapkan generasi emas dimasa yang akan datang.

“Sebenarnya tujuan akhirnya adalah untuk masyarakat bukan hanya sekedar perlombaan tetapi bagaimana masyarakat terlayani dengan baik dan generasi kita terlindungi dari stunting. Karena ini menyangkut kualitas sumber daya manusia dimasa yang akan datang,” jelasnya.

Dia juga menilai bahwa Kabupaten Bolmut dalam kinerja percepatan penurunan stunting terus meningkat. Dibuktikan dengan kekompakan pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Kalau Bolmut, dari kekompakan saja sudah terlihat. Tinggal mempertahankan yang ada dan meningkatkan,” pungkasnya.

Pantauan media ini, Tim penilai Pemprov Sulut sebanyak 7 orang, Kepala Bapelitbang Bolmut Aroman Talibo, Kadis PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama, dan para jajaran OPD terkait, Kepala Puskesmas, Pemerintah Kecamatan dan Desa/Kelurahan. (Dolvin Rivai)

No More Posts Available.

No more pages to load.