Pemkab Bolmong Utara akan Terapkan KTP Digital

oleh -919 Dilihat
KTP Digital
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolmong Utara Imam Santoso.

ASUMSI.ID | BOLMONG UTARA – Teknologi pencatatan data kependudukan di Kabupaten Bolmong Utara terus ditingkatkan, mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) biasa, KTP Elektronik (KTP-El), hingga kini KTP Digital.

Dengan KTP Digital, masyarakat nantinya tidak perlu lagi membawa KTP dalam bentuk fisik di dompet, karena KTP kini sudah bisa diinstal melalui android untuk berbagai keperluan.

Demikian disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolmong Utara Imam Santoso, diruang kerjanya, Senin (12/3/2023).

Imam mengatakan penerapan KTP Digital merupakan kebijakan nasional dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara akan melaunching Penerapan KTP Digital.

Akan diberlakukan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bolmong Utara. Selanjutnya baru masyarakat umum.

“KTP Digital ini baru kami mulai dari ASN, Pemerintah Desa, kemudian Pelajar, lalu ke masyarakat,” katanya.

Menurut Imam, tidak sulit untuk memiliki KTP Digital karena syaratnya memiliki ponsel andorid dan bisa mengoperasikannya, kemudian menginstal aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang tersedia di Playstore.

Kemudian tinggal memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon selular, dan juga email.

Dengan KTP Digital, kata Imam, lebih hemat uang karena negara tidak perlu lagi mencetak blangko, lebih efisien karena cukup menginstal lewat andoid, tidak perlu lagi membawa fisik KTP.

Meski sudah ada KTP Digital, tetapi pihaknya tetap melayani penerbitan KTP-el bagi yang tidak memiliki ponsel atau tidak bisa mengoperasionalkan ponsel.

“Tahun ini dituntut 25 persen dari penduduk di Kabupaten Bolmong Utara menggunakan KTP Digital,” pungkasnya. (Dolvin Rivai)

No More Posts Available.

No more pages to load.