Berita

PT Timah Tbk Dukung Proses Revalidasi Belitong Unesco Global Geopark 2024

325
×

PT Timah Tbk Dukung Proses Revalidasi Belitong Unesco Global Geopark 2024

Sebarkan artikel ini
PT Timah Tbk
Tim PT Timah saat berfoto dengan Tim Belitong Unesco Global Geopark tahun 2024.

Asumsi.id – PT Timah Tbk memberikan dukungan dalam persiapan dan pelaksanaan revalidasi Belitong Unesco Global Geopark (UGG) Tahun 2024.

Sebab, pada saat revalidasi nanti akan dilakukan penilaian kembali, guna menentukan apakah Belitong menyandang Belitong UGG ataupun tidak.

Kepala Bappeda Belitung Timur, Mathur Noviansyah mengatakan, dalam proses revalidasi nanti, mereka juga mengusulkan beberapa geopark site yang baru seperti Batu Begalang Desa Kelubi, Pulau Buku Limau dan Open Pit tambahan Nam Salu.

Tiga lokasi itu diusulkan dalam revalidasi diharapkan bisa diterima semua. Jumlah geosite yang akan direvalidasi sekitar 17 geosite dan juga bisa lebih.

Menurutnya, saat ini semua Geosite di Pulau Belitung baik Belitung maupun Belitung Timur mulai bersiap menyambut proses revalidasi itu.

Bantuan PT Timah Tbk sangat berarti bagi Belitong UGG, sebab bantuan itu digunakan untuk membantu mempersiapkan proses itu.

“Bantuan PT Timah Tbk sangat berarti buat Belitong UGG, dan bantuan ini akan digunakan untuk kegiatan yang bakal menentukan berhasil atau tidaknya Geopark Belitung di revalidasi itu,” jelasnya.

Sehingga, bantuan PT Timah Tbk itu untuk mendukung kegiatan advisor yang dilakukan BP Geopark Belitung dengan kedatangan Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN) Guy Martini beberapa bulan kemarin.

“Beliau sudah berkunjung dan beliau memberikan kesan positif dan mengapresiasi perkembangan yang telah terjadi sejak beliau pertama kali ke Belitung, dan perubahan itu tidak lepas dari peran PT Timah Tbk dan dukungan PT Timah Tbk,” bebernya.

Mathur menambahkan, peran PT Timah Tbk sangat berarti dan dirasakan manfaatnya bagi Geopark Belitong. Ia berharap PT Timah Tbk terus mendukung BP Geopark Belitong.

Sebab, kedepan banyak yang bisa diadaptasi dari apa yang telah dilakukan PT Timah Tbk seperti dalam konservasi atau revitalisasi lahan eks tambang maupun kegiatan yang bersifat edukasi.

“Kita di Kelapa Kampit memiliki pusat informasi geologi, nah itu menampilkan sisi sejarah penambangan sejarah timah di Beltim khususnya, nah itu dimasa kekinian ini kita berharap PT Timah Tbk banyak lebih berperan membantu, mendampingi serta bersinergi dengan BP Geopark Belitong,” tandasnya.* (Sumber: Humas PT Timah Tbk, Publisher: KBO Babel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)