Semua Fraksi DPRD Bolmut Menerima Ranperda Perubahan APBD 2023

oleh -805 Dilihat
DPRD Bolmut
Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra menerima catatan pandangan umum fraksi dari juru bicara Fraksi Golkar Mulyadi Pamili (foto: Prokopimda)

BOLMUT, Asumsi.id – Sebanyak empat Fraksi di DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Kabupaten Bolmut tahun 2023 untuk dibahas pada tingkat selanjutnya.

Persetujuan tersebut disampaikan oleh masing-masing juru bicara fraksi pada Rapat Paripurna DPRD Bolmut, Rabu (20/9/2023). Dihadiri Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena.

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra didampingi Wakil Ketua Saiful Ambarak dan dihadiri para anggota DPRD, Aparatur Pemerintah Daerah, serta unsur lainnya.

Dalam penyampaian pemandangan umum Fraksi DPRD, diawali Fraksi PDIP dengan juru bicara Moh. Abdul Rafiq Pangau, fraksi PPP dengan juru bicara Lepi Nani, fraksi Golkar dengan juru bicara Muliyadi Pamili, serta fraksi Kebangkitan dan Persatuan dengan juru bicara Suriansyah Korompot.

Beberapa catatan yang diberikan fraksi, seperti yang diungkapkan Abdul Rafiq Pangau dari Fraksi PDIP, terutama menyangkut dana hibah ke KPU dan Bawaslu untuk pelaksanaan Pileg dan Pilkada 2024.

Fraksi PDIP juga meminta Dinas Pemuda dan Olahraga untuk meningkatkan program yang berdaya saing dalam bidang keolahragaan.

Kemudian, dari fraksi PPP melalui juru bicara Lepi Nani, hanya menyampaikan sebuah pantun motivasi.

Selanjutnya, fraksi Golkar melalui juru bicara Muliyadi Pamili menegaskan bahwa pemerintah daerah segera menindaklanjuti Perpres no 53 tahun 2023 tentang Standar Harga Regional dengan Peraturan Bupati sebagai hadiah akhir masa jabatan.

Mulyadi juga menyinggung bahwa terdapat penurunan pendapatan dalam Perubahan APBD tahun 2023.

Terakhir pemandangan umum fraksi, dari fraksi Kebangkitan dan Persatuan dengan juru bicara Suriansyah Korompot.

Jawaban Bupati Bolmut:

Depri Pontoh
Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh (foto: Prokopimda)

Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi tersebut.

“Untuk anggaran KPU dan Bawaslu, saya menyarankan kepada TAPD untuk dihitung dengan baik. Mengenai penyesuaian standar harga, karena baru disampaikan maka perlu dikaji dan mudah-mudahan segera dapat jawabannya. Pada dasarnya tidak ada penurunan hanya terdapat pergeseran dari pos ke pos lain saja,” jelas Bupati.

Pada akhir penjelasan, Bupati Depri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD dalam kurun waktu 15 tahun tetap konsisten sebagai mitra kerja pemerintah daerah.

“Saya terima kasih atas apresiasi dari pimpinan dan anggota DPRD atas kepemimpinan kami yang kurang lebih 15 tahun. Saya dengan Hamdan Datunsolang (2008-2013), saya dengan Suriansyah Korompot (2013-2018) dan saat ini (2018-2023) dengan Amin Lasena,” ujarnya.

Menurutnya, perjalanan panjang memimpin daerah ini begitu banyak ujian, pahit manis dirasakannya. Namun berkat dukungan dari legislatif dan yudikatif program pemerintah daerah berjalan dengan baik.

“Memang ini luar biasa dan ini yang terakhir,
malam ini kalau ada kesalahan secara terhormat saya mohon dapat di maafkan karena kami manusia biasa yang tidak luput dari khilaf dan kesalahan,” imbuhnya.

Sebelum menutup Rapat Paripurna, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena atas dedikasi dan pengabdian di daerah ini.

“Terima kasih Bupati dan Wakil Bupati, semoga pengabdian dan dedikasi kepada daerah dan masyarakat Kabupaten Bolmut di berkati tuhan yang maha esa dan diberi kesehatan,” tutupnya. (Dolvin)