Truck dan Bulldozer Rusak Berat, DLHK Bolmong Utara Kesulitan Atasi Sampah

oleh -271 Dilihat
DLHK Bolmong Utara
Dump Truck dan Bulldozer yang rusak berat milik DLHK Bolmong Utara.

ASUMSI.ID | BOLMONG UTARA – Dump Truck pengangkut sampah dan Bulldozer milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bolmong Utara, rusak berat.

Pasalnya, Dump Truck dan Bulldozer rusak berat menjadi alasan DLHK Bolmong Utara kesulitan menangani persoalan sampah yang berakibat pada minimnya pendapatan daerah.

Kepala DLHK Bolmong Utara Moh. Hidayat Panigoro menyebutkan pihaknya hanya memiliki sarana dan prasarana persampahan yaitu TPA 1 unit, TPS 52 unit, Dump Truck 4 unit dan Bulldozer 1 unit serta motor sampah (3 roda) 1 unit.

“Dua unit Dump Truck dan Bulldozer itu bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017,” sebutnya.

“Saat ini kondisi satu unit Dum Truk dan Bulldozer itu rusak berat, ini menjadi kendala utama kami dalam mengatasi masalah sampah dan berpengaruh pada target pendapatan daerah,” kata Kepala DLHK Bolmong Utara.

Dump Truck dan Bulldozer dalam keadaan rusak berat tersebut, kata Hidayat, ia akan berupaya memperbaiki Dump Truck yang rusak. Sedangkan Bulldozer belum di perbaiki karena minumnya anggaran.

Hidayat menambahkan, timbulan sampah itu mencapai 12.134.35 ton per tahun. Lokasi sampah yang dilayani yaitu 14 desa, 7 desa wilayah Kecamatan Kaidipang dan 7 desa wilayah Kecamatan Bolangitang Barat.

Menurut salah satu sopir Dump Truck pengangkut sampah yang namanya tidak ingin di publis, menyebutkan mereka merasa kesulitan setiap kali mengantarkan sampah di lokasi TPA Inomunga karena tumpukan sampah yang semakin membukit.

“Setahu kami, ada alat berat (Bulldozer) di TPA Inomunga tapi sudah lama tidak ada lagi disitu,” ujarnya.

Wartawan media ini, menelusuri keberadaan Bulldozer tersebut terparkir di halaman depan Kantor Dinas Perkimtan Bolmong Utara. (DR)

No More Posts Available.

No more pages to load.